WoW, Eksotik Banget Wisata Terasering Argapura di Kabupaten Majalengka Ini

Di kalangan netizen, ada satu tempat wisata yang sangat populer akhir-akhir ini di Majalengka, Jawa Barat. Tempat wisata ini masuk dalam wisata agrowisata. Ialah wisata pertanian dengan terasering paling indah di Majalengka. Tempat wisata “baru” ini disebut dengan Terasering Argapura. Berikut beberapa jepretan para netizen. 

terasiring argapura by ig fiksianurofik

(Berita: MerahPutih. Foto: IG @fiksianurofik)

Terasering atau sengkedan merupakan cara bercocok tanam atau pengolahan lahan pertanian dengan memangkas lahan miring menjadi bagian-bagian datar yang lebih kecil. Sehingga, dengan sistem terasering ini, lahan menjadi terkotak-kota atau mengurangi panjang lereng dan air bisa tertampung dengan baik.

terasiring argapura by ig fiksianurofik -2

(Foto: IG @fiksianurofik)

Para petani di Argapura membuat terasering sangat rapi. Berbukit-bukit lahan pertanian di kaki Gunung Ceremai ini dibentuk undakan dengan ukuran sangat rapat atau kecil dengan ukuran sama setiap bagian bukit. Tidak hanya satu bukit, Terasering Argapura terdapat di banyak bukit sehingga sejauh mata memandang undakan menghijau memanjakan mata apalagi dilihat dari atas.

terasiring by ig alnvingunturs

(Foto: IG @alvingunturs)

Argapura sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Mayoritas kawasan di Argapuran merupakan kawasan pertanian. Hasil bumi unggulan dari Argapura yaitu bawang daun, padi, ubi jalar, bawang merah dan pertanian lain khas kawasan dataran tinggi.

Terasering Argapura dikenal luas ketika banyak anak muda komunitas fotografi di Majalengka aktif mempromosikan keindahan Terasering di Argapura. Anak muda Majalenga tengah berburu tepat-tempat indah di Majalengka agar diketahui oleh khalayak luas. Terutama di media sosial, foto-foto keindahan Terasering Argapura menyebar secara cepat membuat decak kagum, dan alhasil Terasering Argapura pun disebut-sebut termasuk yang terbaik di Indonesia, setelah Subak Bali tentunya.

Terasiring Argapura-Majalengka by ig sastravana

(Foto: IG @sastravana)

Jalan akses ke Argapura cukup baik. Meski jalan kecil, tapi jalan menanjak mengitari bukit-bukit Argapura menambah pengalaman para pelancong. Rute ke Argapura dari kota Majalengka dengan terlebih dahulu menuju Terminal Maja. Dari sana, Anda bisa terus mengikuti jalan menuju Argalingga, kemudian berbelok arah kanan saat sampai di pertigaan Sadasari.

Terasering Argapura merupakan tempat yang cocok untuk beraktifitas fotografi. Selain mengabadikan perjalanan, perburuan lahan pertanian Argapura menjadi pilihan termasuk aktivitas para petani Argapura. Jika Anda senang dengan suasana alam di dataran tinggi dan menggandrungi objek agrowisata, kawasan Terasering Argapura ini dijamin bisa menambah pengalaman wisata Anda. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org