Wow, Di Kabupaten Bone Bolango Ada Wisata Hiu Paus Lho…

Obyek wisata hiu paus di perairan Desa Botubarani, menjadi ikon Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo untuk mempromosikan sejumlah potensi dan sumber daya alam di daerah, termasuk tempat wisata lainnya.

Wisata Hiu Paus Kabupaten Bone Bolango

(Sumber: Kompas. Tampak Kevin (12) dan 2 temannya memberi makan hiu paus di Desa Batumarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Hiu paus ini sangat jinak dan biasa bermain dengan anak-anak nelayan.)

“Pengelolaan lokasi wisata hiu paus ini harus ditata lebih baik, infrastruktur dipercantik dan dilengkapi mulai dari toilet yang memadai hingga infrastruktur lain penunjang pariwisata di Bone Bolango, karena sudah banyak diketahui publik,” kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis (11/8/2016).

Fenomena banyaknya ikan hiu paus di perairan Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, merupakan berkah bagi Kabupaten Bone Bolango, karena menjadi magnet tersendiri untuk wisata di daerah itu. Namun yang lebih penting bagi Bupati Bone Bolango adalah bagaimana bisa menjaga dan melestarikan karena hiu paus fenomena yang menakjubkan.

Bahkan kunjungan Ketua HIPMI Jaya (2014-2017) Iskandarsyah Ramadhan Datau ke lokasi itu menunjukkan obyek wisata hiu paus dikenal luas. “Dari pantauan kami, termasuk data yang ada di pemerintah kabupaten, ternyata kunjungan wisatawan mancanegara juga cukup banyak,” kata Hamim Pou.

Bahkan karena sudah terkenal, menjadi “brand” nasional dan promosi gratis Gorontalo dalam setiap iklan yang ditayangkan reguler di beberapa televisi nasional. Bupati Bone Bolango juga mengimbau warga untuk tetap menjaga keramahan di lokasi wisata hiu paus di Botubarani. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org