Sasar Wisatawan Asing dan Lokal, Kabupaten Malinau Andalkan Hutan Tak Terjamah Sebagai Destinasi Wisata

Bupati Malinau, Kalimantan Utara, Yansen TP menyatakan, kawasan hutan yang masih asri dan belum terjamah sama sekali menjadi destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Menurut Bupati, sehubungan dengan semakin diminatinya kawasan hutan di daerah itu sebagai sasaran wisata alam, maka perlu adanya pengembangan dengan tampilan yang memadai termasuk penyediaan fasilitas akomodasi.

Wisata di Hutan Konservasi Kabupaten Malinau

(Sumber: Otonominews)

Ditambahkan Yansen, potensi wisata Kabupaten Malinau dengan mengandalkan kawasan hutan yang belum terjamah tersebut sangat prospek karena 52 persen kawasan hutan di Provinsi Kaltara berada di daerah itu. “Kawasan hutan di Kabupaten Malinau makin diminati wisatawan mancanegara maupun domestik. Mungkin karena keasriannya ataupun memang belum terjamah sama sekali sehingga hutannya tampak masih utuh dan lebat,” kata Yansen.

Terkait pengembangan tersebut, kata dia, Pemkab Malinau terus melakukan pembenahan dengan memperhatikan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan para wisatawan yang berkunjung. Dikatakan Yansen, minat wisatawan terhadap kawasan hutan di Kabupaten Malinau menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan unik karena daerah lainnya seperti Provinsi Bali mengandalkan wisata laut dan pantai, Manado juga dengan wisata lautnya.

Oleh karena itu, Pemkab Malinau berkomitmen memelihara kondisi hutan yang asri dan utuh tanpa adanya pengrusakan oleh oknum-oknum tertentu, misalnya melakukan illegal logging. “Pemkab Malinau akan terus memelihar hutan agar tidak dijamah orang tertentu karena dapat dijadikan potensi wisata yang berbeda dengan daerah lainnya,” ujar Yansen. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org