Tekan Bel, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Buka Resmi Perdagangan Saham di BEI

Pemandangan tak biasa hadir di pembukaan pasar modal di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (24/10). Bupati Gorontalo, Prof. DR. Ir. H. Nelson Pomalingo didaulat secara langsung untuk membuka secara langsung perdagangan saham yang ditandai dengan penekanan bel tepat pada pukul 09.00 WIB.

bupati-gorontalo-buka-perdagangan-saham-bei

(Sumber: Antara & PolitikIndonesia. Foto: GorontaloKab.)

Bupati Nelson Pomalingo mengatakan ini merupakan langkah awal untuk semakin memperkenalkan pasar modal kepada pelaku usaha dan masyarakat di Kabupaten Gorontalo. “Mensosialisasikan tentang BEI agar masyarakat juga memiliki pengetahuan tentang bursa dan pelaku usaha di Gorontalo bisa ikut pada pasar modal,” kata Nelson Pomalingo dalam sambutannya sambil menambahkan ia berharap agar ke depannya BEI bisa melakukan sosialisasi di daerah, khususnya di Kabupaten Gorontalo dan bisa melakukan kerjasama yang berkelanjutan. “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan untuk membuka langsung perdagangan saham ini. Insya Allah, kami akan mengundang Direktur Bursa Efek Indonesia untuk ke Gorontalo,” kata Nelson memberikan tawaran.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini mengatakan perdagangan bursa saham yang dibuka setiap hari, dan kali ini dilakukan oleh Bupati Gorontalo dilakukan sebagai upaya untuk memperluas kegiatan pasar modal di seluruh wilayah Indonesia. “Ini upaya untuk memperluas bursa kita. Kabupaten Gorontalo dipilih karena menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi kedepan untuk pengembangan pasar modal. Selain itu, Kabupaten Gorontalo juga merupakan salah satu tujuan dari BEI untuk mensosialisasikan kegiatan pasar modal,” tutur Hamdi menjelaskan.

Dengan adanya kegiatan ini, Hamdi berharap apa yang dilakukan bisa menambah pengembangan pasar modal sampai ke daerah dan memberikan pencerahan bagi kita semua. Usai penekanan bel sebagai tanda dibukanya perdagangan saham, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo berkesempatan menjadi pembicara pada acara talkshow di TV pasar modal atau Indonesia Business & Capital Market Television (IBCM). Sebelumnya pula, Bupati Gorontalo menyaksikan langsung penandatanganan kerjasama antara Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Dr.dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S dengan anak usaha dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni The Indonesia Capital Market Institute. Kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan jumlah profesional di pasar modal.

Terbitkan Obligasi Senilai Rp1,4 Triliun

Selain membuka secara resmi perdagangan di lantai bursa, Bupati Gorontalo juga menjelaskan bahwa Pemkab Gorontalo kini tengah bersiap-siap untuk menerbitkan obligasi daerah tahun depan (2017). Target dana yang diperoleh sebesar APBD Gorontalo saat ini yakni Rp1,4 triliun. Langkah ini dilakukan dengan alasan untuk membiayai pembangunan daerah yang ekspansif, tidak cukup hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah (APBN/APBD).

“Rencananya akan digunakan untuk dua hal. Pertama, infrastruktur, dan yang kedua pengembangan ekonomi unggulan Gorontalo, yakni peternakan. Kami ingin investasi besar-besaran dan sudah disiapkan lahan untuk itu,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai penandatanganan nota kesepahaman dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), di Jakarta, Senin (24/10).

Nelson menjelaskan, pada tahap persiapan ini, pemerintah kabupaten pertama kali akan membentuk badan obligasi daerah. Setelah itu, pihaknya juga akan mengundang TICMI untuk menyosialisasikan pengembangan pasar modal di Gorontalo. “Baru setelah itu kami keluarkan obligasi daerah,” kata Nelson yang mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo itu. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org