Semangat Baru Warnai Rapat Koordinasi Para Korwil di Jakarta

Jakarta, Apkasi.org. Suasana hangat dan penuh kekeluargaan mewarnai jalannya rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi yang berlangsung di Jakarta, Selasa (25/01/2022). Rakor yang mengusung tema “Peningkatan Peran Korwil dalam Mendorong Kerjasama Antar Daerah” dipimpin langsung oleh Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi Sekretaris Jenderal Adnan Purichta Ichsan, Bendahara Umum Ratu Tatu Chasanah, Wakil Ketua Umum Ade Yasin dan Direktur Eksekutif Sarman Simanjorang.

 

[Suasana rakor Korwil Apkasi di Jakarta, Selasa (25/01/2022). Foto: Humas Apkasi]

Dalam sambutannya, Sutan Riska mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Koordinator Wilayah yang hadir pada Rapat Peningkatan Peran Korwil hari ini. Selanjutnya Sutan Riska mengatakan rapat pemantapan Korwil kali ini menjadi strategis mengingat pada bulan Juni nanti, Apkasi akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional Apkasi yang ke-14 sehingga peran Korwil dalam menjaring aspirasi anggotanya sangat diperlukan untuk materi Rakernas kita nanti.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya)

“Selain menjelang Rakernas Apkasi, rapat pemantapan Korwil ini adalah bertujuan untuk berdiskusi tentang peran dan fungsi Korwil yang sesungguhnya sangat strategis bagi organisasi Apkasi. Korwil merupakan salah satu unsur organisasi Apkasi yang dapat mewakili Dewan Pengurus Apkasi dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan Apkasi di wilayah propinsi masing-masing,” imbuh Bupati Dharmasraya ini.

Sutan Riska berharap menjelang Rakernas nanti, para Korwil Apkasi di seluruh Indonesia dapat memfasilitasi pertemuan seluruh anggota untuk membahas dan menghimpun aspirasi, permasalahan dan isu-isu penting yang berkembang di daerah untuk dicarikan solusi bersama. Ia menambahkan, “Kami berharap para Korwil dapat segera menjadwalkan pelaksanaan rakor dan menginformasikan kepada Sekretariat Apkasi untuk dapat dijadwalkan agar pengurus dapat menghadiri secara langsung kegiatan tersebut. Dengan jalinan silaturahmi pertemuan minimal satu tahun sekali tersebut, kami berharap Korwil dapat menjadi problem solver bagi permasalahan-permasalahan di daerah. Selain itu, anggota-anggota Apkasi di wilayah masing-masing semakin kompak dan saling bekerjasama membangun daerah masing-masing.”

Sekretaris Jenderal Apkasi Adnan Purichta Ichsan (Bupati Gowa)

Jalannya rapat kemudian dipandu oleh Sekjen Apkasi Adnan Purichta Ichsan yang sekaligus memberikan pemantik diskusi dan mengajak kepada 33 Korwil Apkasi untuk bisa terlibat aktif dalam mendiskusikan segala permasalahan yang ada di daerah masing-masing. “Tindaklanjutnya akan kita carikan solusinya dan Apkasi siap menjembatani dan meneruskan kepada para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan agar masalah-masalah yang ada di daerah ini bisa diminimalisir sehingga apabila daerah ini kuat, imbasnya Indonesia juga akan kuat,” ujar Bupati Gowa.

Adnan menekankan bahwa Korwil sebagai unsur organisasi Apkasi yang berdiri di tingkat Provinsi tentu keberadaan para Korwil memiliki peran yang sangat strategis. “Peran Korwil ini penting dalam mewujudkan visi dan misi Apkasi dan Kowril ini merupakan ujung tombak Apkasi dalam menentukan keberhasilan berbagai program yang telah kita tetapkan bersama. Ke depan, kita berharap para Korwil bisa berperan mendorong terjalinkan kerjasama antar anggota Apkasi, terutama perdagangan komoditi untuk saling memenuhi kebutuhan kabupaten satu dengan kabupaten lainnya. Kita berharap satu kabupaten bisa saling bekerjasama dengan kabupaten lainnya dalam memastikan kebutuhan sandang, pangan dan papan masyarakatnya dapat terpenuhi dengan baik,” imbuhnya.

Adnan pun memberikan contoh di Sulawesi Selatan, antara Makassar Gowa dan Maros tergabung dalam aglomerasi yang sama. Ia berujar, “Dalam aktivitasnya Makassar ini saling memiliki ketergantungan dengan Gowa dan Maros dalam memenuhi kebutuhannya. Kerjasama antar daerah ini tentunya saling menguntungkan seperti kalau di sektor pertanian, maka hasil-hasil pertanian dari Gowa dan Maros akan terserap di Makassar sehingga ini menjadi harapan para petani kita untuk bisa meningkatkan kesejahteraannya. Untuk itulah kerjasama antar daerah semacam ini perlu ditingkatkan di berbagai sektor.”

Penasehat Khusus Apkasi Prof Ryaas Rasyid

Sebelum rakor dilanjutkan, Penasehat Khusus Apkasi Prof Ryaas Rasyid memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta untuk tetap semangat mengawal dan menjaga Apkasi di dalam mengimplementasikan otonomi daerah serta mendorong adanya kerjasama antar daerah yang kuat dan solid. “Mari kita rawat Apkasi ini sebagai wadah yang strategis untuk bisa menjadi partner yang sejajar dengan pemerintah pusat dalam mendiskusikan apa yang terbaik dan apa yang menjadi kendala-kendala dalam implementasi otonomi daerah. Komunikasi ini akan efektif jika Apkasi kompak dan solid dan bisa memberikan program-program konkrit yang bermanfaat bagi seluruh anggotanya,” ujar Prof Ryaas Rasyid.

Dalam kesempatan berikutnya, Korwil Apkasi Jawa Timur, Hendy Siswanto memberikan sharing session bagaimana mengelola Korwil Jawa Timur. Dalam kesempatan ini Hendy menceritakan pengalamannya dalam menjalin kerjasama antar daerah seperti dengan Pemkab Blitar, Pemkab Tulungagung dan Pemkab Badung untuk saling memperkuat perdagangan berbasis pertanian serta pemberdayaan sektor UMKM.

Korwil Apkasi Jawa Timur, Hendy Siswanto (Bupati Jember)

“Di era sekarang ini kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri, sekarang ini eranya kolaborasi. Tidak lagi studi banding, tapi tidak usah malu-malu kita langsung saja melakukan studi tiru. Misalnya dalam waktu dekat ini kita terus menjalin kerjasama dengan pemkab-pemkab lainnya yang mempunyai keunggulan dibanding kami. Prinsipnya kami siap mengadopsi dan belajar dari kabupaten lain, seperti dari ” ujar Bupati Jember ini.

Hendy juga menambahkan bahwa sebelum akhir tahun kemarin, Korwil Jawa Timur menggelar rakor di Surabaya. “Di situ kami bisa menunjukkan pentingnya Apkasi ini. Apkasi ini menurut saya sangat strategis dan rugi kalo kita tidak bisa memanfaatkannya,” tukasnya.

Bendaharu Umum Apkasi, Ratu Tatu Chasanah dalam kesempatan rakor tersebut juga menyampaikan laporan keuangan Apkasi periode 2021. Ratu Tatu pun menjelaskan agar eksistensi Apkasi dapat lebih diakui sebagai salah satu stakeholder utama kebijakan otonomi daerah, maka peran, fungsi dan kapasitas Apkasi perlu lebih ditingkatkan. “Hal ini tentunya memerlukan upaya maksimal serta biaya yang tidak sedikit. Dalam menjalankan peran dan fungsi Apkasi melalui berbagai program dan kegiatan yang dilakukan, sumber pembiayaan utamanya berasal dari Iuran Tahunan dari seluruh Anggota Apkasi. Untuk itulah peran aktif anggota di sini sangat kami harapkan,” imbuh Bupati Serang ini.

Bendahara Umum Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang)

Ratu Tatu juga menambahkan, sebagai organisasi yang menerapkan sistem keuangan profesional, laporan keuangan Apkasi setiap tahun selalu diaudit oleh auditor independen. Hal ini merupakan bentuk akuntabilitas Apkasi kepada anggotanya dalam mengelola keuangan.

Ia meneruskan, “Perlu kami sampaikan bahwa, audit keuangan tahun 2021 sedang dilakukan dan diharapkan dapat selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga dapat dilaporkan kepada anggota. Terakhir kami berharap agar di tahun-tahun selanjutnya seluruh anggota Apkasi dapat memenuhi kewajibannya untuk membayar iuran keanggotaan. Hal ini menjadi penting agar organisasi Apkasi dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program dan benar-benar dapat menjadi andalan pemerintah kabupaten untuk memfasilitasi kepentingannya di segala bidang.”

Wakil Ketua Umum Ade Yasin (Bupati Bogor)

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Ade Yasin yang dalam kapasitasnya sebagai Bupati Bogor akan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Apkasi dalam waktu dekat ini menyatakan dukungan dan kesiapannya. “Tentunya kami mengucapkan terima kasih sudah dipercaya untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan HUT Apkasi, Rakernas ke-14 serta Pemilihan Putri Otonomi Indonesia di Kabupaten Bogor. Kami siap dan untuk teknis pelaksanaannya kami telah menunjuk Sekda Kabupaten Bogor untuk menjadi koordinator dan mengawal kegiatan Apkasi ini agar bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang

Sedangkan Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang sebelum acara selesai berkesempatan menjelaskan program-program strategis yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022. “Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kemudahan sehingga program-program kerja yang telah dicanangkan oleh Pengurus bisa berjalan dengan baik,” tukasnya. (*)

About Humas 652 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org