Sebulan Jelang Pameran AOE 2022, Apkasi Gelar Rapat Teknis Persiapan

Jakarta, Apkasi.org. Menjelang pelaksanaan kegiatan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang kurang sebulan lagi, Apkasi merasa perlu menggelar rapat teknis yang menghadirkan seluruh peserta, vendor dan mitra kerjas. Alhasil, digelarlah Technical Meeting (TM) AOE 2022 di Merak Rook, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Selasa (21/06/2022).

(Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang)

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang dalam sambutannya mengucapkan para delegasi dari pemerintah kabupaten seluruh Indonesia yang terdaftar sebagai peserta AOE 2022. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para Bupati, yang dalam hal ini diwakili oleh OPD terkait,” katanya.

Sarman menekankan bahwa Sarman menekankan bahwa kegiatan TM AOE 2022 ini sangat penting karena rapat ini menentukan sukses tidaknya kegiatan pameran di hari pelaksanaannya nanti. “Kegiatan ini dapat menentukan sukses atau tidaknya pameran kita nanti dalam mencapai tujuannya, yaitu dapat menangkap calon investor dan buyer untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi di daerah kita, sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah kita dapat semakin meningkat. Jadi, demi keberhasilan pameran kita nanti, saya berharap bapak-ibu dapat mengetahui dan memahami secara tehnis tentang Pameran yang akan kita laksanakan nanti,” ujarnya.

AOE 2022 dijadwalkan digelar pada Rabu-Jumat, 20-22 Juli 2022, bertempat di Hall A dan B Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan-Jakarta. Seperti event AOE sebelumnya, kegiatan pembukaan AOE tahun ini, menurut jadwal akan kembali dibuka oleh Presiden, Joko Widodo. “Mudah-mudahan wabah Covid-19 semakin melandai, sehingga Presiden dapat langsung menghadiri acara pembukaan tersebut di lokasi pameran dan mengunjungi stand bapak ibu semua,” harap Sarman.

(Syaifuddin Ch Kai, Project Manager AOE 2022)

Sementara itu, Syaifuddin Ch Kai, Project Manager AOE 2022 menjelaskan teknis pameran mulai dari pra event, event hingga post event. Syaifuddin menjelaskan kapan waktu untuk meloading barang-barang pameran, barang-barang apa saja yang seharusnya dipamerkan, sampai kapan waktu pembongkaran stand dan mengeluarkan barang-barang pameran tersebut. Hal lain yang perlu menjadi perhatian para peserta pameran dari pemkab, imbuh Syaifuddin, ada beberapa side event yang bisa diikuti yang merupakan benefit keikutsertaan dalam AOE 2022, di antaranya kegiatan executive dialogue yang menghadirkan narasumber kompeten, business matching yang memungkinkan 1 on 1 meeting antara pemkab dengan investor untuk menjalin kerjasama, serta ada workshop Indeks Daya Saing Daerah yang sangat bermanfaat.

(Syaifuddin Ch Kai, Project Manager AOE 2022)

“Yang menarik tahun ini kami kembali menghadirkan Fashion Show Wastra Nusantara. Bapak-ibu bisa mengirimkan kain-kain khas daerah untuk ditampilkan di panggung. Di samping itu kami juga memfasilitasi daerah yang ingin menyumbangkan performance seni budaya,” tambah Syaifuddin.

Seperti tahun sebelumnya, masih menurut Syaifuddin, Apkasi kembali menghadirkan kegiatan lomba tulis yang bisa diikuti oleh para jurnalis di seluruh Indonesia. “Para jurnalis bisa berpatisipasi melalui kegiatan Anugerah Jurnalistik Apkasi yang tahun ini merupakan kali kedua diselenggarakan. Anugerah ini menjadi apresiasi Apkasi kepada rekan-rekan jurnalis yang telah ikut mempromosikan berbagai kegiatan dan kemajuan di daerah sehingga masyarakat luat bisa mengetahui perkembangan pembangunan di seluruh tanah air,” tukasnya. (*)

About Humas 671 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org