Safari Webinar Pendidikan Apkasi-YPAN-Sahabat Guru Hadir untuk Guru-guru di Toraja Utara

Toraja Utara, Apkasi.org. Safari webinar pendidikan yang diselenggarakan oleh Apkasi bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara serta Sahabat Guru terselenggara dengan sukses di Kabupaten Toraja Utara, Kamis (23/09/2021).

Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Apkasi, Andi Seto Gadhista Asapa (Bupati Sinjai) mewakili Dewan Pengurus Apkasi memberikan sambutan di Webinar Pendidikan yang mengambil tema besar: Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global.

Dalam webinar tersebut, Andi Seto menyampaikan komitmen Apkasi dalam mendukung Program Guru Cakap Bermedia Digital. Hal tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi Apkasi yaitu menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan organiassi dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Andi Seto menjelaskan bahwa guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan era digitalisasi saat ini. “Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas Indonesia, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik. Dengan membawa spirit “Inspirasi untuk Indonesia Maju”, SahabatGuru memberikan warna baru bagi geliat literasi dan Pendidikan di tanah air. Kami ingin terus menjadi spirit bagi Kabupaten Toraja Utara untuk terus berkembang dan memberikan energi positif bagi negeri.”

Sementara itu Bupati Toraja Utara Yohannis Bassang mengapresiasi kegiatan webinar pendidikan ini. “Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi saling tukar ilmu pengetahuan dengan para guru-guru di Kabupaten Toraja Utara. Saya berharap para guru tetap bersemangat meski masih dalam kondisi pandemi,” imbuhnya.

Ia juga berharap guru-guru makin trampil menguasai teknologi digital. “Sehingga dengan kemampuan ini, anak-anak didik kita tetap bisa menyerap pelajaran-pelajaran meski metodenya saat ini masih menggunakan daring,” ujarnya.

Kegiatan webinar pendidikan menampilkan dua narasumber Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. dan Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si. serta dirangkaikan dengan Launching Platform Sahabat Guru. Lebih lengkap kegiatan tersebut bias dilihat melalui video di bawah ini.

About Humas 597 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org