Presiden Jokowi Putuskan 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Bandung Jadi Tuan Rumah Pertama Peringatan Nasional

Suasana Kota Bandung hari ini tampak semarak. Bandung menjadi tempat pertama kali peringatan Hari Lahir Pancasila yang rencananya akan dikukuhkan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Kepres.

Harlah Pancasila

(Berita/Foto: Detikcom)

Nuansa Sukarno menghias seputaran Jalan Sukarno, Kota Bandung, Jawa Barat. Semarak spanduk berisi foto-foto dan kutipan pidato presiden pertama Indonesia tersebut berjejer rapi. Ada foto sewaktu Sukarno berpidato dan pose bersama beberapa pimpinan negara.

Gambaran itulah yang hadir di sepanjang Jalan Sukarno atau samping Gedung Merdeka, Rabu (1/6/2016), berkaitan Hari Peringatan Pidato Bung Karno. Terlihat di kiri kanan jalan itu foto-foto tempo dulu saat Sukarno berdampingan dengan tokoh dunia di antaranya PM Uni Soviet Nikita Khruschev, John F Kennedy, Nehru, dan Nkrumah.

Selain itu terdapat juga foto saat Sukarno bersama Marilyn Monroe, saat kunjungan ke AS. Di bawah spanduk berisi foto tersebut tercantum teks: ‘Apakah kita mau Indonesia MERDEKA, yang kaum Kapitalnya merajalela ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan?’

 

 

Seluruh spanduk berdiri itu menampilkan foto Sukarno saat berkiprah memimpin Indonesia. Tiap spanduk menyajikan ucapan-ucapan Sukarno sewaktu berpidato. ‘Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengulurkan sebanyak-banyak keringat’ (Pidato Bung Karno Kelahiran Pancasila 1 Juni 1964).

Harlah Pancasila_suasana bandung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu pagi (1/6/2016). Polisi akan memberlakukan sistem buka tutup di ruas jalan yang dilalui rombongan presiden.

Presiden akan datang melalui Bandara Husein Sastranegara, lalu menuju Hotel Savoy Homann, di Jalan Asia Afrika. Rombongan presiden akan melintasi Jalan Pajajaran, Jalan Cihampelas, Jalan Wastukancana, Jalan LLRE Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika.

Rombongan presiden diperkirakan tiba sekitar pukul 09.00 WIB di Hotel Savoy Homann. Setelah itu berjalan kaki menuju Gedung Merdeka, yang hanya berjarak 100 meter. Presiden akan memberikan pidato dalam peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di sini.

Setelah itu, sekitar pukul 11.30 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan napak tilas menuju situs Penjara Banceuy, yang berjarak sekitar 300 meteran. Rombongan akan berjalan kaki dengan disambut oleh Paskibra yang berada di sepanjang jalan. Di situs ini, dilaksanakan prosesi pengalungan karangan bunga kepada patung Bung Karno dan tabur bunga oleh Presiden RI.

Kegiatan di Situs Banceuy diperkirakan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan kembali ke Gedung Merdeka untuk santap siang. Sekitar pukul 13.30 WIB, acara selesai. Rombongan menuju ke Jakarta dengan melintasi Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman, Jalan Gardujati, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Pajajaran, dan berakhir di Bandara Husein Sastranegara. Untuk kegiatan hari ini sebanyak 1.130 personel dikerahkan. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org