Pesan Presiden Buat Daerah, Kalau Bikin Festival Harus Standar Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata sering menegur Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pasalnya ada banyak acara festival di berbagai daerah belum mencapai standard dunia. “Saya berkali-kali kena tegur Presiden karena acaranya belum standar global,” ujar Arief di Rakornas Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

(Sumber Berita/Foto: TribunNews)

Arief mengimbau kepada para pelaku industri pariwisata dan pemerintah daerah provinsi/kabupaten dan kota untuk bisa meningkatkan kelas semua acara. Pasalnya hal itu permintaan langsung dari Presiden. “Harus standard dunia, ini bukan permintaan saya ya tapi bapak Presiden,” kata Arief.

Arief menambahkan setidaknya sudah naik ke kelas nasional. Hal itu kata Arief sebagai langkah awal untuk naik ke level internasional. “Bahasa jelasnya level nasional, agar bisa menggunakan standar global,” ungkap Arief.

Arief lantas menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam sebuah acara festival pariwisata. “Kurator harus sangat kuat, selektif betul-betul kita tampilkan. Ke dua Koreografi tari formasi harus kompak. Ketiga musik aransemen harus diatur, dan keempat busana harus bagus,” imbuh Arief. (*)

About Humas 455 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org