Perkuat Kerjasama Antar Daerah Menjadi Isu Hangat Rakorwil Apkasi Wilayah Bali

Bali, Apkasi.org. Apkasi diharapkan berperan lebih aktif sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dengan segala potensi-potensi yang dimiliki di masing-masing daerah bisa dikembangkan untuk bisa mensejahterakan masyarakat. Kiranya Apkasi sebagai jembatan seluruh pemkab di tanah air bisa melakukan kordinasi komunikasi kerjasama antar daerah. Hal itu dikatakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Wilayah Bali, dalam sambutannya di rapat koordinasi para Bupati se-Provinsi Bali yang berlangsung di Wyndam Tamansari Jivva Resort, Klungkung, Bali, Senin (30/5/2022).

Rakor dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin (Bupati Trenggalek), Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, Bupati/Walikota se-Bali dan undangan terkait lainnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga sebagai koordinator Apkasi Wilayah Bali mengatakan, keberadaan dari Apkasi ini berperan lebih aktif sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dengan segala potensi-potensi yang dimiliki dimasing-masing daerah bisa dikembangkan untuk bisa mensejahterakan masyarakat.

“Di Bali ini banyak sekali potensi-potensi di setiap kabupaten, kiranya APKASI sebagai jembatan melakukan kordinasi komunikasi kerjasama antar daerah,” ujar Bupati Suwirta.

Selain itu Apkasi sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah serta mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global.

“Apkasi yang bermitra dengan pemerintah pusat dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah,” harapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin, menjelaskan Apkasi adalah wadah yang tepat bagi para kepala daerah untuk saling bertukar pikiran dan membahas segala bentuk isu strategis lainnya. “Apa yang kita lakukan melalui Rakorwil di Bali ini akan menjadi bahan masukan untuk kita angkat di forum Rakernas yang akan berlangsung di Kabupaten Bogor pada 18 Juni 2022. Yang paling penting kita juga membahas hal pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ucap Mochamad Nur Arifin yang juga sebagai Bupati Trenggalek. (*)

About Humas 759 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org