Perkuat Kawasan Teluk Tomini, 17 Daerah Ini Sepakat Terapkan Green Investment

Benar adanya bahwa era sekarang adalah era kolaborasi, tidak jaman kalu daerah berjuang sendiri-sendiri. Semangat inilah yang membawa 17 daerah di kawasan Teluk Tomini melakukan deklarasi kerja sama antar pemerintah daerah sebagai bentuk penguatan strategi investasi ramah lingkungan. Kesepakatan para kepala daerah ini mengemuka dalam kegoatan “Green Investment Meeting” (GIM) yang dilaksanakan di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Jumat (14/4/17).

Adapun ke-17 daerah yang melakukan deklarasi tersebut adalah:

  1. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
  2. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
  3. Kabupaten Minahasa Tenggara
  4. Kabupaten Minahasa
  5. Kabupaten Minahasa Utara
  6. Kota Bitung
  7. Kabupaten Banggai Laut
  8. Kabupaten Banggai Kepulauan
  9. Kabupaten Banggai
  10. Kabupaten Tojo Una-Una
  11. Kabupaten Poso
  12. Kabupaten Parigi Moutong
  13. Kabupaten Pohuwato
  14. Kabupaten Boalemo
  15. Kabupaten Gorontalo
  16. Kabupaten Bone Bolango
  17. Kota Gorontalo

Usai deklarasi, Bupati, Wakil Bupati dan perwakilan daerah tersebut melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait hal itu. Bupati Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu mengatakan, terdapat tiga fokus kerja sama investasi. “Yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan industri komoditas lokal dan pengembangan kawasan konservasi,” katanya.

Deklarasi itu juga untuk mempercepat penguatan Green Investment untuk mendorong kawasan Teluk Tomini sebagai “Kawasan Strategis Nasional”.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang menjadi inisiator kegiatan tersebut mendorong program jangka panjang investasi ramah lingkungan atau “Green Investment” di daerah tersebut dan kawasan Teluk Tomini.

“Saya mendorong investasi ramah lingkungan sehingga tidak terjadi kerusakan seperti yang terjadi di tempat lain,” kata Bupati Nelson, sambil menambahkan hal itu merupakan langkah antisipasi awal, apalagi di kawasan Teluk Tomini memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik. “Saya berharap ekonomi dan ekologi dapat tumbuh bersama, bukan hanya untuk kepentingan masyarakat saat ini, tapi untuk jangka panjang,” katanya.

Nelson menekankan bahwa investasi ramah lingkungan memang membutuhkan waktu yang lama, dan butuh kerja sama dari berbagai pihak. Ia berujar, “Beberapa investasi yang kita tawarkan pada GIM ini adalah pengembangan pembangkit listrik tenaga matahari dan industri kayu Jabon yang ditanam sendiri.” (*/Foto: Humas Apkasi)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org