Kabupaten Kayong Utara, Mendadak Terkenal Karena Sail Selat Karimata 2016

Nama Kayong Utara selama ini memang belum akrab terdengar di telinga. Namun tidak ada yang menampik dengan adanya acara puncak Sail Selat Karimata 2016, Kayong Utara begitu banyak disebut-sebut. Apalagi puncak kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (14/10) hingga Sabtu (15/10) kemarin.

sail-selat-karimata-2016-kayong-utara

(Sumber: Kompas. Foto: Setkab. Tampak Presiden Jokowi dan para menteri menyapa warga yang hadir di lokasi Sail Selat Karimata 2016, Sabtu (15/10)

Kayong Utara sendiri merupakan kabupaten pemekaran di Kalimantan Barat yang disetujui oleh DPR pada 8 Desember 2006. Sebelum menjadi kabupaten yang berdiri sendiri, wilayah ini merupakan bagian dari Kabupaten Ketapang Kalbar. Sebagai kabupaten yang baru berumur 10 tahun, Kayong Utara saat ini masih dalam tahap berbenah. Sejumlah fasilitas pemerintahan banyak yang baru selesai dibangun. Selain itu, berbagai infrastruktur pendukung perekonomian juga masih dalam tahap pengerjaan.

Pelaksanaan acara puncak Sail Selat Karimata 2016 di wilayah ini semakin menegaskan potensi ekonomi dari sektor kelautan Kabupaten Kayong Utara. Tak hanya wisata pantai dan bahari, sektor perikanan juga menjadi salah satu penggerak perekonomian wilayah ini. Namun demikian, potensi ekonomi di Kayong Utara tak melulu dari sektor kelautan. Perlu dicatat, bahwa di Kayong Utara terdapat hutan durian!!

Ya, pohon durian banyak tumbuh secara alami di hutan wilayah ini, utamanya di Taman Nasional Gunung Palung. Masyarakat sekitar taman nasional diperkenankan mengambil durian yang merupakan produk hasil hutan bukan kayu dalam zona pemanfaatan. “Di hutan-hutan yang ada di Kayong Utara, itu ditumbuhi oleh durian. Kalau pas panen, durian menjadi buruan para wisatawan yang datang,” ujar salah seorang warga, Herman, Jumat (14/10/2016).

Untuk bisa menikmati durian asli Kayong Utara, ada baiknya berkunjung ke wilayah ini pada bulan Desember-Januari. Pada bulan-bulan itu, buah durian tengah memasuki masa panen, sehingga membanjir di berbagai tempat di Kayong Utara. Saking banyaknya durian, buah tersebut akhirnya dijual ke daerah lain seperti Pontianak dan dan Ketapang.

Selain dijual, sejumlah pelaku UMKM di Kayong Utara berinisiatif mengolah buah durian menjadi makanan olahan, yakni lempok durian. Karena populernya buah durian di Kayong Utara, pemerintah kabupaten ini lantas membangun tugu durian untuk menunjukkan bahwa daerah ini menjadi sentra dari buah tersebut. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org