Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Buka Secara Resmi Rapat Kerja Korwil Apkasi Wilayah Jawa Timur

Surabaya, Apkasi.org. Dalam rangka menjalankan amanat organisasi, Korwil Apkasi Wilayah Jawa Timur menggelar rapat kerja yang dipusatkan di Kota Pahlawan Surabaya. Rapat kerja dibuka secara resmi oleh Gubernu Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (01/12/2021) di JW Marriott Hotel Surabaya dengan melakukan seremoni simbolis pemukulan gong. Rencananya rapat kerja akan berlangsung selama dua hari.

[Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan]

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya menghaturkan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga selaku Dewan Pembina Apkasi berkenan hadir dan membuka secara resmi Rapat Kerja Korwil Apkasi Wilayah Jawa Timir. “Kami mohon arahan Ibu Gubernur khusus kepada para bupati dan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten se Jawa Timur, sehingga mampu melaksanakan fungsi pemerintahan dengan baik, demi tercapainya kemajuan pembangunan daerah-daerah di wilayah Jawa Timur khususnya dan kemajuan seluruh wilayah Indonesia pada umumnya,” kata Bupati Dharmasraya ini.

Sutan Riska menambahkan, bagi dewan pengurus Apkasi di tingkat pusat, kegiatan Rapat Kerja seperti yang dilakukan oleh Koordinator Wilayah Apkasi – Jawa Timur ini, merupakan kegiatan yang sangat memegang peranan penting bagi terlaksana atau tidaknya peran dan fungsi Apkasi itu sendiri. Dengan kata lain, Korwil merupakan ujung tombak atau kepanjangan tangan Apkasi dalam menjalankan perannya di satu wilayah propinsi, yakni memfasilitasi dan memperjuangkan berbagai kepentingan anggotanya, baik di tingkat pusat maupun propinsi.

“Oleh karena itu, saya pribadi maupun mewakili pengurus pusat, sangat mengapresiasi langkah proaktif yang diambil Koordinator Apkasi Wilayah Jawa Timur, Bupati Jember, Bapak Hendi Siswanto untuk menggelar kegiatan ini. Mudah-mudahan dari kegiatan rapat kerja besok, akan dapat diinventarisir berbagai isue-isue sekaligus solusi yang ditawarkan terkait pelaksanaan pemerintahan secara umum di tingkat kabupaten yang perlu diperjuangkan Apkasi di tingkat propinsi ataupun pusat,” tutur Sutan Riska lagi.

Sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar Apkasi, lanjut Sutan Riska, bahwa salah satu Tugas Pokok dan fungsi Apkasi adalah memfasilitasi dan mendorong terciptanya kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas daerah, serta kerjasama daerah dalam rangka pengembangan potensi ekonomi dan sosial budaya daerah. Ia berujar, “Jadi, saya memandang sudah sangat tepat agenda rapat kerja Apkasi Korwil Jawa Timur besok yang akan menginventarisir potensi ekonomi daerah dalam rangka peningkatan kerja sama daerah, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dari Kementerian Dalam Negeri.”

Sutan Riska lantas menambahkan misi meningkatkan dan memperkuat kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan antar daerah ini, juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi saat membuka Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021, Medio Oktober lalu di Istana Kepreidenan Bogor. “Beliau menyatakan perlu terus diperkuat dan dikembangkan kerjasama perdagangan antar daerah, antar kabupaten, antar propinsi dan antar pulau. Dan setiap daerah diminta sebaiknya fokus pada produk unggulannya masing-masing. Jangan semua dikerjakan, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. Dengan memperkuat kerjasama ekonomi antar kabupaten se Jawa Timur ini, maka diharapkan kekuatan ekonomi di regional Jawa Timur ke depannya akan semakin kuat” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Sutan Riska menyampaikan informasikan bahwa guna membantu memberikan solusi kepada pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional yang luluhlantak akibat serangan pandemi Covid-19, Apkasi mencoba membantu membangkitkan perekonomian daerah melalui berbagai program, diantaranya menggelar expo atau pameran potensi perdagangan dan investasi yang menghadirkan para buyers dan investor.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Apkasi expo tahun ini cukup memberikan harapan bangkitnya perekonomian di daerah dengan mencatatkan transaksi investasi senilai 11.3 triliun rupiah di salah satu kabupaten di tanah air. Berkaca dari kesuksesan ini, maka pada Tahun 2022, kita akan kembali melaksanakan Apkasi Otonomi Expo tersebut dengan harapan akan terjadi transaksi perdagangan maupun investasi di segenap kabupaten,” terang Sutan Riska.

Hal lain yang disampaikan Sutan Riska dalam rangka ikut mendorong bangkitnya perekonomian di daerah, Apkasi juga mencoba menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Kementerian Investasi/BKPM agar arus investasi dapat segera mengalir ke daerah. Dan Apkasi juga menggandeng kalangan swasta, yaitu Kadin Indonesia dan HIPMI untuk bersama-sama ikut membangkitkan perekonomian nasional dari daerah.

Selain melaksanakan peran memfasilitasi daerah dalam melaksanakan pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi covid-19 ini, Apkasi, masih menurut Sutan Riska juga menjalankan peran advokasi, yaitu mencoba menjembatani kepentingan daerah ke pemerintah pusat, terhadap berbagai kebijakan yang dianggap tidak berpihak kepada daerah. Misalnya, tentang penerapan OSS yang banyak dikeluhkan oleh daerah. Apkasi langsung memfasilitasi dengan meminta kepada Menteri investasi untuk memberikan jawaban serta solusi berbagai hambatan yang terjadi dalam penerapan OSS di daerah.

“Alhamdulillah, permintaan Apkasi langsung mendapat respon positif dari Menteri Investasi dan jajarannya yang bersedia menerima audiensi segenap Pengurus Apkasi. Hasilnya, pihak Kementerian Investasi bersedia memberikan asistensi langsung ke daerah untuk memberikan solusi berbagai hambatan yang dihadapi dalam penerapan OSS,” kata Sutan Riska.

Sementara itu, terkait masalah penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K yang memberatkan keuangan daerah, sebut Sutan Riska, Apkasi juga sudah bergerak dengan megirimkan surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengenai hal tersebut. “Kita sudah minta waktu untuk audiensi dengan Pak Menteri dan waktunya segera dijadwalkan oleh beliau,” katanya. (*)

About Humas 671 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org