Elisha Lumintang Sabet Gelar Putri Otonomi Indonesia 2023, Hadiahnya Jabat Menparekraf Sehari

Kebumen, Apkasi.org. Elisha Lumintang perwakilan dari Kabupaten Minahasa Utara akhirnya dinobatkan menjadi Putri Otonomi Indonesia (POI) Tahun 2023. Prosesi pemilihan juara POI 2023 berlangsung di Kebumen, Jum’at malam, (23/06/2023).

[Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyematkan selempang Juara Putri Otonomi Indonesia Tahun 2023 Elisha Lumintang perwakilan dari Kabupaten Minahasa Utara. Foto: Humas Apkasi]

Selempang Juara POI 2023 yang disabet Elisha Lumintang disematkan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soestyo setelah secara resmi Juara POI 2022 Gresita Siahaan menyerahkan mahkota sebagai simbol estafet regenerasi POI.

Dalam sambutannya Bamsoet memberikan apresiasi setingi-tingginya kepada Apkasi yang telah menghadirkan ajang Pemilihan Putri Otonomi Indonesia secara konsisten yang sebelumnya menggunakan brand Putri Otonomi Daerah. “Saya barusan mendapat kontak dengan Pak Sandiaga Uno yang intinya mengabarkan bahwa pemenang POI tahun 2023 ini akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama sehari,” katanya yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah.

Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI ini lantas berpesan kepada para pemenang POI 2023 tentang apa yang harus dilakukan yakni dengan memahami daerah asal masing-masing yang diwakili. “Anda harus memahami budaya, adat istiadat dan obyek wisata sebagai sumber pendapatan bagi daerah. Tanpa itu semua, gelar yang Anda sandang tidak akan memberi apa-apa kepada masyarakat,” katanya.

[Para pemenang Putri Otonomi Indonesia Tahun 2023. Foto: Humas Apkasi]

Para pemenang POI tambah Bansoet juga menjadi wajah daerah yang menarik untuk ‘dijual’ segala potensinya ke khalayak luas di seluruh tanah air. Ia menambahkan, saat ini pemerintah tengah mengembangkan porgram terkait Desa Digital, Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri. “Kita memiliki beragam potensi, kita memiliki 38 provinsi dengan 416 kabupaten dan kalau ditambah dengan kota menjadi 552 merupakan kekuatan besar yang harus dikembangkan. Inilah tugas para pemenang POI untuk bisa mengeksplorasinya dengan baik,’ katanya.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan sebuah kehormatan bagi Pemkab Kebumen ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaran Grand Final POI 2023. Bupati Arif menambahkan bahwa sehari sebelumnya, Kebumen juga berhasil menggelar kegiatan syukuran HUT ke-23 Apkasi yang dihadiri oleh bapak Mendagri, Gubernur Jawa Tengah dan para bupati didampingi unsur Forkopimda dari seluruh tanah air.

“Di saat bersamaan kami juga menggelar Kebumen International Expo yang diramaikan dengan konser arti papan atas serta beragam kegiatan dan pameran dengan tujuan untuk menggerakkan perekonomian melalui sektor swasta dan UMKM. Pesan yang ingin disampaikan bahwa kami telah belajar dan siap menggelar kegiatan-kegiatan skala nasional. Selamat datang dan ini tentu menjadi berkah tersediri bagi masyarakat di Kabupaten Kebumen,” ucapnya bersemangat.

Wakil Ketua Umum Apkasi Mochamad Nur Arifin mewakili Dewan Pengurus Apkasi menggarisbawahi pelaksanaan Grand Final POI yang dilaksanakan secara bergantian di antara anggota Apkasi membuktikan banyak dampak positifnya. Bupati Trenggalek ini mengkui kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk saling support dan saling menguatkan di antara satu daerah dengan daerah lainnya.

“Hal ini menunjukkan kita semua telah mengamalkan nilai Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Melalui kegiatan-kegiatan skala nasional ini yang tidak hanya digelar di kota-kota besar saja, namun nyatanya bisa juga dilaksanakan di kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia dan kami semua memiliki hak yang sama,” tukas Bupati Nur Arifin.

Sebelumnya di awal seremoni, Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang melaporkan bahwa event pemilihan POI 2023 semangatnya adalah ingin menghadirkan program nyata dan dukungan Apkasi terhadap program pemerintah, khususnya memberikan wadah dan ruang bagi generasi milenial untuk bisa terlibat aktif dalam pembangunan nasional melalui beragam karya dan prestasi.

“Yang membedakan POI dengan pageant-pageant lain adalah kegiatan ini terkait erat dengan porgram-program pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait. Sehingga dalam melaksanakan tugasnya, para pemenang POI nantinya akan mendukung program pemerintah yang strategi pelaksanaannya tentu disesuaikan secara khusus,” tukasnya.

[Para pemenang Putri Otonomi Indonesia Tahun 2023. Foto: Humas Apkasi]

Para Juara Putri Otonomi Indonesia Tahun 2023

Setelah melalui proses panjang, Grand Final Pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI) Tahun 2023 akhirnya menemukan para juaranya. Berikut ini para Juara POI 2023.

1. Juara Putri Otonomi Indonesia 2023 Elisha Gabriell Rosalina Lumintang dari Kabupaten Minahasa Utara
2. Juara Runner up 1 Putri Otonomi Indonesia 2023 Karina Moudy dari Kabupaten Pati
3. Juara Runner up 2 Putri Otonomi Indonesia 2023 Novanda Nisa Ayu Wibowo dari Kabupaten Kebumen
4. Juara Runner up 3 Putri Otonomi Indonesia 2023 Damarati Raksa Alifa dari Kabupaten Serang
5. Juara Favorite Putri Otonomi Indonesia 2023 Imelsi Annisabrina dari Kabupaten Kerinci

10 Gelar Khusus Putri Otonomi Indonesia 2023
1. Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firsta Yufi Amarta Putri dari Kabupaten Banyuwangi
2. Duta Investasi Firsta Dyah Pramesti dari Kabupaten Banyumas
3. Duta Anti Narkoba Oktova Mahmuda dari Kabupaten Lampung Tengah
4. Duta Energi Terbarukan Dinda Rahmadani dari Kabupaten Dharmasraya
5. Duta Lingkungan Hidup Ayu Winda Ramadhanie dari Kabupaten Berau
6. Duta Empat Pilar Kebangsaan Sanggia Nur Amaliana Anggraini dari Kabupaten Bogor
7. Duta Keluarga Berencana Adelisa Devita Ryani dari Kabupaten Karanganyar
8. Duta Olahraga Tjokorda Istri Agung Dewi Pithaloka dari Kabupaten Klungkung
9. Duta Rupiah Geok Mengwan dari Kabupaten Sukabumi
10. Duta Bangga Memakai Produk Indonesia Efie Rohmatin Marfuah dari Kabupaten Jepara

Kabupaten Trenggalek Siap Menjadi Tuan Rumah POI 2024

Sebelum penyematan Juara POI 2023, dilaksanakan seremoni penyerahan Bendera Pataka POI dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan POI 2024. Dalam sambutan singkat usai menerima simbol estafet tuan rumah POI, Bupati Trenggalek menyatakan kesiapannya.

“Kami banyak belajar dari penyelenggaraan POI mulai dari tuan rumahnya Kabupaten Bogor di tahun 2022 dan Kabupaten Kebumen di tahun 2023 ini. Kabupaten Trenggalek siap memberikan pengalaman yang berbeda. POI 2024 akan lebih semarak dengan kemasan unik menggabunggkan potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Trenggalek,” tukas Bupati Nur Arifin bersemangat. (*)

About Humas 759 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org