Dukung Sebagai Daerah Penyangga IKN, Korwil Apkasi Wilayah Kalsel Bahas Persiapan Kerjasama Antar Daerah

Banjarmasin, Apkasi.org. Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengajak seluruh bupati di Kalsel yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Wilayah Kalsel berkomitmen satu suara menghimpun aspirasi daerah untuk diperjuangkan ke pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikannya pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Apkasi Kalsel pertama yang digelar di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (31/5/2022).

Menurut Sukamta, ada beberapa kebijakan pemerintah pusat yang memang harus disikapi. “Pada rapat Apkasi wilayah Kalsel kali ini kita himpun aspirasi-aspirasi para bupati se-Kalsel untuk diperjuangkan ke pemerintah pusat. Saya harap kita bisa menyatukan suara dan komitmen bersama berkaitan dengan kebijakan nasional,” ujar Sukamta.

Penandatanganan bersama para bupati atau mewakili se-Kalsel dilakukan sebagai wujud komitmen mendukung perjuangan Apkasi Kalsel ke pemerintah pusat. Selain menghimpun aspirasi untuk diajukan ke pemerintah pusat, Bupati Sukamta selaku Koordinator Wilayah Apkasi Kalsel juga mengajak para perwakilan bupati yang hadir untuk kembali mempererat kerja sama antar daerah. “Sesuai arahan gubernur, saya harap kita bisa kembali merintis kerja sama antar daerah. Gotong royong saling membangun dan melengkapi, khususnya mempersiapkan Kalsel sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru,” tambahnya.

Mengangkat tema Peningkatan Kerja Sama dan Aspirasi Daerah dalam Rangka Pertumbuhan Perekonomian Guna Mendukung IKN Baru, Rakorwil Apkasi Kalsel kali ini tergolong sukses. Didukung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang membuka acara Rakorwil Apkasi Kalsel secara daring, dan dihadiri oleh seluruh bupati atau mewakili dari 11 kabupaten di Kalsel.

Hasil dari rakor tersebut akan dibawa Apkasi Kalsel menuju Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Apkasi di Bogor pada Juni mendatang. Turut hadir pada acara tersebut Direktur Eksekutif Apkasi Pusat Sarman Simanjorang, Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Apkasi Pusat sekaligus Bupati Kabupaten Batubara Zahir, Sekda Tala Dahnial Kifli, para asisten dan para kepala SKPD lingkup Pemkab Tala. (*)

About Humas 756 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org