Di HUT 50 Tahun HIPMI, Apkasi Siap Kolaborasi dengan Para Pengusaha Muda

Jakarta, Apkasi.org. Tahun ini Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) genap berusia 50 tahun. Di usia emasnya ini banyak harapan baik diletakkan di pundak Hipmi. Apkasi pun tentu sangat mendukung dan siap berkolaborasi dengan para pengusaha muda anggota Hipmi di seluruh tanah air.

Komitmen Apkasi untuk berjalan seiring dengan Hipmi disampaikan langsung oleh Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT Emas Hipmi hari kedua di Plennary Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (11/06/2022). Secara pribadi dan mewakili Dewan Pengurus Apkasi, Sutan Riska yang juga Bupati Dharmasraya ini mengucapkan selamat ulang tahun emas atau yang ke-50 tahun kepada Hipmi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum BPP Hipmi Bang Mardani yang juga mengayomi kami karena beliau juga sebagai Ketua Dewan Pembina Apkasi. Saya pribadi merasakan selama 7 tahun terakhir aktif di Apkasi inilah momentum emas di mana Hipmi dan Apkasi bisa berjalan seiring bersama. Kami berharap momentum ini bisa dimanfaatkan kedua belah pihak, khususnya para anggota Hipmi di daerah untuk bisa berkiprah di tingkat nasional,” katanya.

Sutan Riska juga mendukung sekali kegiatan yang digagas Hipmi dengan pemilihan tema “Sinergi Usaha di Tahun Emas”. Menurutnya ada dua kata penting dalam tema ini, sinergi dan tahun emas, di mana kata sinergi adalah kata hikmah yang dapat diambil karena kurang lebih dua tahun kita dihantam pandemi Covid-19, memberikan pelajaran bahwa bisnis tidak bisa berdiri sendiri.

“Begitu juga pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah tidak ada pilihan lain kecuali harus bersinergi dan sinergi akan terwujud melalui komunikasi. Kami para bupati di Apkasi jangan diundang pada saat ulang tahun saja, tapi mari kita diskusikan banyak hal dan kami siap mendukung kegiatan-kegiatan Hipmi baik di tingkat nasional maupun di daerah,” imbuhnya.

Sutan pun mempersilahkan bagi kawan-kawan Hipmi yang memerlukan komunikasi dengan para bupati seluruh daerah, Apkasi siap membantu. “Maka kita perlu memaknai peringatan ulang tahun emas ini tidak semata-mata ulang tahun yang ke-50, tapi mari dimaknai lebih dari itu, mari kita berdoa bahwa tahun 2022 ini merupakan tahun bagi kita semua, bagi Indonesia, tahun kebangkitan dari Pandemi Covid-19,” katanya.

Apkasi dan Hipmi, lanjut Sutan Riska merupakan salah satu motor untuk bisa mewujudkan tahun emas tersebut. Ia berujar, “Mari kita jalin komunikasi untuk bisa saling ngobrol mendiskusikan bagaimana mengoptimalkan segala potensi yang ada di daerah. Apkasi siap memfasilitasi jalinan networking dengan para pengusaha muda. Tidak hanya bicara tambang ataupun kelapa sawit, banyak banyak potensi seperti ekonomi kreatif dan sektor-sektor lainnya yang merupakan sektor unggulan di masa depan.”

Kepada para anggota Hipmi, Sutan Riska mempersilahkan untuk bisa datang langsung dan melihat bagaimana peluang ekonomi kreatif dan ekonomi digital di daerah-daerah. “Misalnya untuk daerah-daerah yang lemah secara sumber daya alam, mari kita explore dan apa yang bisa digali dari sisi potensi lainnya. Kita bisa saling bahu membahu membantu daerah-daerah yang jauh dari ibukota untuk dibangkitkan potensinya,” katanya lagi.

Sutan Riska sendiri mengaku bersemangat untuk merangkul energi para pengusaha muda di daerah ini. Ekonomi digital, menurutnya tidaklah selalu harus sekelas bisnis start-up, tapi bagaimana teknologi digital tersebut dapat menjadi alat pemberdaya bagi seluruh pelaku ekonomi di kabupaten yang bergerak di sektor pertanian, perikanan, UMKM, pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

“Kami berkomitmen para bupati ini siap memberikan karpet merah kepada para pengusaha muda Hipmi. Saya menggambarkan hubungan Apkasi dan Hipmi ini seperti pipa air, pipanya itu di Apkasi yakni para bupati yang tersambung ke seluruh Indonesia, dan Hipmi ibarat air yang siap mengaliri dan memberikan manfaat maupun perubahan di seluruh tanah air. Mari kita bisa bekerjasama dan melalui Hipmi dan Apkasi Expo ini kita akan perlihatkan berbagai potensi daerah yang bisa dimanfaatkan oleh para investor baik dalam maupun luar negeri,” sambungnya.

Sutan Riska juga menggarisbawahi jika terjalin komunikasi yang baik, pemerintah daerah mendukung para pengusaha muda dan denikian juga sebaliknya, maka ia yakin seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa 2045 Indonesia Emas optimis bisa kita capai. “Di usia yang ke 50 tahun ini Hipmi harus optimis bisa menggalang energi-energi muda yang siap menyongsong masa depan, kita tidak menawarkan masa lalu, mari kita songsong Indonesia yang lebih cerah masa depannya,” tukasnya.

Kegiatan perayaan HUT Emas Hipmi berlangsung selama 3 hari, 10-12 Juni 2022, dihadiri Presiden RI Joko Widodo di hari pertama, serta digelar berbagai acara antara lain Hipmi-Apkasi Expo, Museum Hipmi, Business Matching, hingga Indonesia Young Leader Forum. (*)

About Humas 759 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org