Bupati Gowa Bersama Bupati Maros, Bupati Barru, Bupati Luwu dan Bupati Enrekang Terima Penghargaan Tertinggi di Bidang Kepramukaan

Makassar, Apkasi.org. Ada senyum bahagia dari 5 Bupati masing-masing Bupati Gowa, Bupati Maros, Bupati Barru, Bupati Luwu dan Bupati Enrekang saat peringatan Hari Pramuka ke-60 yang berlangsung di Lapangan Upacara Rujab Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (18/8/2021). Kelimanya menerima sematan Lencana Melati yang merupakan penghargaan tertinggi Pramuka dari Kwartir Nasional yang diserahkan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

[Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengalungkan Lencana Melati kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan]

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, menerima penghargaan atas jasa dan pengabdian yang sangat besar bagi perkembangan gerakan pramuka di dunia, khususnya di Kabupaten Gowa. “Tentu saya bersyukur mendapatkan Penghargaan Lencana Melati ini karena merupakan apresiasi dari kerja pramuka yang kita geluti. Ini lencana jasa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada orang dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan kepramukaan,” ungkap Bupati Adnan.

Adnan mengaku, dirinya telah berpramuka sejak menginjak Sekolah Dasar (SD) bahkan pada tahun 1996 mengikuti Jambore Nasional, sehingga proses yang dilalui tersebut terbayar dengan penghargaan tertinggi Lencana Melati dari Kwarnas.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam juga bersyukur menerima Lencana Melati. Ia berujar, “Kami berterima kasih kepada Kwarnas dan Kwarda Pramuka Sulsel atas apresiasi dan penghargaan ini. Apalagi bukan hanya saya yang mendapat penghargaan, tapi juga Ibu Wakil Bupati. Tentu ini menjadi tanggung jawab dan amanah agar kami berdua terus berkontribusi untuk pengembangan Pramuka dan terus mengabdi untuk masyarakat, khususnya masyarakat Maros.”


[Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengalungkan Lencana Melati kepada Bupati Maros, AS Chaidir Syam]

Penghargaan serupa juga diterima Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Barru. “Alhamdulilah, dianugerahi Lencana Melati sebagai penghargaan tertinggi gerakan Pramuka dari Kwarnas, menjadi motivasi bagi kami untuk terus menumbuhkan jiwa kepanduan diri baik sebagai individu maupun sebagai pemimpin masyarakat,” sebut Suardi Saleh.

[Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengalungkan Lencana Melati kepada Bupati Barru H. Suardi Saleh]

Suardi Saleh menambahkan, penghargaan yang diterima ini merupakan apresiasi untuk kita semua, khususnya anggota Kwarcab Barru dan para kader yang selama ini bahu-membahu mengembangkan dan menerapkan semangat kepramukaan. Ia berujar, “Lewat penghargaan ini, saya juga berharap agar semakin memotivasi kita semua, terutama dalam menjalankan, menerapkan nilai-nilai kepramukaan tentang pengabdian, sikap peduli, semangat kebangsaan dan selalu menjaga kekompakan membangun negeri.”

[Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengalungkan Lencana Melati kepada Bupati Luwu H. Basmin Mattayang]

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Luwu dan Bupati Enrekang, Muslimin Bando sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Enrekang juga dianugerahkan penghargaan Tingkat Nasional Lencana Melati. Menurut Muslimin Bando, ia mengaku bahagia atas penghargaan yang diberikan kepadanya dan menjadi motivasi untuk terus berkarya dalam gerakan pramuka di Kabupaten Enrekang.

[Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengalungkan Lencana Melati kepada Bupati Enrekang, Muslimin Bando]

“Alhamdulillah, penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi untuk Pramuka di Enrekang,” kata Muslimin Bando seperti ditulis TribunEnrekang.com, Rabu (18/8/2021) malam. Ia mengatakan, jiwa kepramukaan harus terus ditanamkan dalam diri setiap kader demi memberi kemajuan bagi daerah dan negara. Sebab, diera sekarang ini dimana teknologi berkembang pesat dan arus informasi yang cukup cepat dibutuhkan sikap kepramukaan dalam menghadapi tantanngan zaman.

Dengan sikap positif kader yang dewasa dalam menempatkan diri dan memfilter arus informasi maka dapat berperan dalam memajukan bangsa dan negara. “Sikap kreatif juga dibutuhkan khususnya dalam perkembangan teknologi. Dengan kreatifitas yang positif maka akan menghasilkan karya yang baik bagi daerah,” ujar Muslimin Bando.

Ia pun juga mengajak para kader Pramuka turut mengambil peran dalam menekan laju Covid-19 di daerah. Dengan turut mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan dimulai dari diri sendiri. “Mari bersama lindungi diri dan keluarga dari Covid-19 dengan patuhi Protokol kesehatan dimanapun berada,” tukasnya. (*/Berbagai Sumber)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org