Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi Dianugerahi BHACA 2017

Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (#BHACA) kembali memberikan penghargaan kepada tokoh yang terus berusaha menjadi inspirator bagi terbangunnya upaya pemberantasan korupsi di lingkungannya. Untuk tahun 2017 ini, penghargaan diberikan kepada dua tokoh, yakni Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) dan Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi. Pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Jakarta, Kamis (14/12/2017) malam. Selamat. (Foto: Humas Apkasi)

Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA), sebuah komunitas yang sadar mengenai bahaya-bahaya korupsi bagi kelangsungan hidup berrnasyarakat dan berbangsa, kembali memberikan penghargaan kepada tokoh yang terus berusaha menjadi inspirator bagi terbangunnya upaya pemberantasan korupsi di lingkungannya. Untuk tahun 2017 ini, penghargaan diberikan kepada dua tokoh, yakni Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dan Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi. Pemberian penghargaan BHACA 2017 berlangsung di Jakarta, Kamis (14/12/2017) malam, dan diterima langsung oleh kedua tokoh.

Betti Alisjahbana, selaku salah satu anggota Dewan Juri BHACA 2017 mengatakan, Nurdin Abdullah dipilih karena mempunyai komitmen yang sangat tinggi dalam membangun pemerintahan daerah yang bersih dari korupsi. “Selama kepemimpinannya, perekonomian Bantaeng tumbuh pesat, pendapatan per kapita warga meningkat tajam, serta angka pengangguran turun drastis,” Betty.

Sedangkan Heru Pambudi, dinilai mampu memimpin reformasi kepabeanan dan cukai demi mencapai pelayanan yang lebih cepat, lebih bagus, serta lebih transparan. “Meski perjalanan pembenahan di Bantaeng dan Bea Cukai masih panjang, namun Dewan Juri menilai bahwa komitmen serta usaha konsisten yang ditunjukkan Nurdin Abdullah dan Heru Pambudi layak untuk mendapatkan penghargaan,” ucap Betty.

Dalam kesempatan memberikan sambutan atas anugerah BHACA 2017 yang diterimanya, Nurdin Abdullah berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menerima penghargaan ini. Dalam kesempatan tersebut ia bercerita bagaimana awalnya dilarang keluarga untuk menjadi Bupati. “Kata anak saya, ‘Pak, banyak Bupati yang masuk penjara,” ujar Nurdin yang pada pada akhirnya ia tetap memutuskan menjadi bupati Bantaeng guna membangun daerahnya.

Sementara Heru Pambudi mengatakan, penghargaan ini justru merupakan kepercayaan yang berat. Apalagi, penghargaan menggunakan embel-embel Bung Hatta, Wakil Presiden pertama RI. “Kalau dibandingkan Bung Hatta tentu saya ini kecil sekali,” ujarnya. Namun Heru melanjutkan, ia akan menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik kedepannya. (*)

About Humas 471 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org