Buka Pekan Produk Budaya Indonesia Nusantara Expo, Mendagri Tjahjo Kumolo Tekankan Semangat Kemandirian Ekonomi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh komponen bangsa agar mampu menciptakan kemandirian ekonomi dengan mengembangkan ekonomi kreatif. “Agar stabilitas ekonomi sehat dan dinamis dapat terwujud,” kata Tjahjo Kumolo saat membuka Pekan Produk Budaya Indonesia dan Nusantara Expo dan Forum 2016 di Taman Mini Indonesia Indah(TMII) di Jakarta, Rabu(19/10).

bupati-siak

(Sumber: Kemendagri. Foto: RiauPos. Tampak Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menjelaskan tentang aneka produk budaya dan sejarah Kabupaten Siak kepada Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani pada Pekan Produk Budaya 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Melalui rangkaian tersebut, Mendagri Tjahjo yang didampingi oleh Menteri Kordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, juga mengajak seluruh lapisan masyarakat secara bersama menjaga dan melestarikan citra positif bangsa Indonesia yang berbudaya, bermartabat dan berjatidiri. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan pariwisata dan kemandirian ekonomi. “Kegiatan ini dapat memberikan informasi dan potensi wisata di daerah,” jelasnya.

Tjahjo juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi dan memotivasi pelaksanaan Pekan Produk Budaya Indonesia Nusantara Expo dan Forum tersebut di daerah. Dengan berkordinasi bersama para pelaku dunia usaha dan sektor terkait lainnya. “Sehingga kegiatan ini dapat menjadi wadah inspirasi usaha kreatif masyarakat di daerah, sekaligus pilar ketahanan nasioal yang tangguh untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean dalam bingkai NKRI,” ujar dia.

Sementara itu Menko PMK Puan Maharani menitiktekankan, Pekan Produk Budaya Nusantara Expo 2016 merupakan kegiatan strategis dalam mendorong pembangunan karakter untuk mempertegas kepribadian dan jadi diri bangsa sesuai dengan amanat Trisakti, sebagaimana menjadi visi pembangunan nasional saat ini. “Melalui kegiatan ini, kita berupaya untuk membangun potensi produk budaya sebagai kekuatan dalam memperteguh semangat Bhineka Tunggal Ika yang sekaligus juga memperkuat potensi perekonomian rakyat,” ujar Puan.

Menko Puan mengatakan produk-produk budaya Indonesia sangat beragam, seperti batik, kain, tenun, jamu, kuliner, seni tari, seni lukis, seni patung, seni ukir dan lain sebagainya, telah tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. “Perkembangan jaman menuntut produk budaya ini tidak hanya sebagai ekspresi nilai budaya tetapi juga dituntut dapat memiliki nilai ekonomis, sehingga dapat bertahan dalam perkembangan dan tuntutan jaman,” ucapnya.

Menko PMK yang hadir pada saat itu juga berkesempatan membuka acara Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum Tahun 2016 di Taman Mini Indonesia Indah. Dalam pembukaan pekan produk ini tampak hadir antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Soedarmo mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk membangun kesadaran seluruh komponen bangsa dalam rangka memelihara dan mengembangkan warisan seni serta budaya Indonesia. “Juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, dengan menanamkan jiwa cinta produk dalam negeri kepada masyarakat,” tutup dia. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org