Apkasi Sukses Gelar Bimtek Desa Wisata di Desa Tamansari Banyuwangi

Banyuwangi, Apkasi.org. Kegiatan Bimbingan Teknis dan Studi Tiru “Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal di Desa Wisata Tamansari di Kabupaten Banyuwangi-Jawa Timur resmi dimulai, Rabu (13/09/2023).

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dengan metode pembelajaran di kelas dan studi lapangan. Di sesi pertama dipandu oleh Kepala Divisi Program Apkasi Syaifuddin Ch. Kay materi bimtek disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y. Bramuda, S.Sos., MBA mengenai transformasi pariwisata yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi.

Desa Wisata Tamansari dipilih sebagai tempat kegiatan karena melihat pencapaian desa ini yang berhasil meraih penghargaan Desa Wisata Terbaik Kategori Desa Digital pada Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dan juga mendapatkan Penghargaan Best ASEAN Tourism Standard 2023 dari ASEAN.

Selanjutnya keseruan kegiatan bimtek tampak dirasakan peserta manakala mengikuti agenda kegiatan studi lapangan mengunjungi berbagai potensi wisata yang ada di Desa Wisata Tamansari, Kamis (14/09/2023). Dalam kesempatan ini para peserta diajak berwisata edukasi, yakni Kampung Kopi, Kampung Belerang dan Kampung Susu Perah dan be;ajar wisata buatan di Taman Gandrung Terakota dan Sendang Seruni. (*)

About Humas 753 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org