Apkasi Sambut Baik Ajakan Kerjasama Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia Entas Masalah Sampah di Kabupaten/Kota

Jakarta, Apkasi.org. Dalam rangka perbaikan tata kelola persampahan di kabupaten dan kota, Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang, menyambut baik kedatangan Ketua Umum APSI, Saut Marpaung, didampingi perwakilan Anggota APSI Kota Surabaya, Randy Budi Saputra dan dari Kota Bekasi, Andre Prasetro, saat berkunjung ke Kantor Sekretariat Apkasi, Jum’at (3/9/2021).

Dalam pertemuan awal ini, telah disepakai secara umum usulan kerjasama yang akan segera ditindaklanjuti, oleh APSI dan Apkasi, yaitu; Pertama, pengenalan dan penerapan sistem Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) kepada kabupaten di Indonesia, sebagaimana mendukung kebijakan regulasi persampahan, yaitu pengelolaan sampah dari (kawasan), melalui pengalaman APSI yang telah memfasilitasi sistem TOSS.

Kedua, APSI mendukung Apkasi untuk penguatan kelembagaan tata kelola persampahan kabupaten melalui penerapan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Persampahan guna peningkatan pelayanan persampahan. Ketiga, promosi/kampanye perihal bijak dalam pengelolaan sampah (organik dan non organik) di kegiatan-kegiatan (event) Apkasi dan APSI, dan, keempat Apkasi memfasilitasi APSI untuk dapat bekerjasama dengan kabupaten terpilih dan bersedia untuk pengelolaan persampahan kabupaten.

Usulan kerjasama ini akan segera dituangkan dalam dokumen Memorandum of Understanding (MoU), dan berharap beberapa kegiatan awal akan terlaksana di tahun 2021. (*)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org