Apkasi Kembali Dukung Program Economic Leadership For Government Leader Angkatan IV

Jakarta, Apkasi.org. Dalam rangka membekali pimpinan kepala daerah dalam ikut mengendalikan perekonomian nasional, Bank Indonesia Institute kembali menggelar kegiatan Program Economic Leadership For Government Leader Angkatan IV Tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung dari 24 sampai 26 Oktober 2018 di Kampus Bank Indonesia Institute Jakarta.

Program Economic Leadership For Government Leader Angkatan IV Tahun 2018 terselenggara atas inisiatif dan kerjasama antar lembaga di antaranya Bank Indonesia Institute, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi), Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi), dan Polri.

Program Economic Leadership For Government Leader adalah program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan melalui kurikulum yang inovatif dan bersifat transformatif. Melalui program ini diharapkan bisa mendukung lahirnya pemimpin yang berkualitas, yang tidak hanya mahir dalam kompetensinya sebagai pemimpin profesional, namun juga memiliki integritas serta kepemimpinan yang luhur.

Kegiatan diikuti 33 peserta meliputi bupati, walikota, ketua DPRD dan kapolres dari berbagai daerah di Indonesia. Apkasi sendiri di Program Economic Leadership For Government Leader Angkatan IV Tahun 2018 ini mengirimkan 4 wakilnya, masing-masing adalah Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan, Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam, Bupati Luwu Timur Mu. Thorig Husler dan Wakil Bupati Muara Enim, H. Juarsah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng mengatakan, ada tiga tantangan makroekonomi yang tengah dihadapi Indonesia. “Sehingga diperlukan para pemimpin yang berkualitas untuk dapat menciptakan terobosan dan menjadi pembaharu ekonomi regional,” Sugeng dalam sambutan usai membuka kegiatan, Rabu (24/10/2018).

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan tiga tantangan itu adalah; pertama, menjaga stabilitas di tengah meningkatnya ketidakpastian global perlu terus dijaga untuk mendukung keberlanjutan perekonomian. Kedua, sinergi kebijakan guna mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional tersebut baik sisi permintaan maupun sisi penawaran, dan ketiga, bagaimana seluruh elemen bangsa membangun kapasitas nasional untuk pemanfaatan ekonomi dan keuangan digital. (*)

About Humas 471 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org