Apkasi Hadirkan Webinar Pendidikan Cakap Bermedia Digital Bagi Guru-guru di Bengkulu Utara

Toboali-Bangka Selatan, Apkasi.org. Wakil Sekretaris Jenderal Apkasi, H. Riza Herdavid (Bupati Bangka Selatan) mewakili Dewan Pengurus Apkasi memberikan sambutan di Webinar Pendidikan di Kabupaten Bengkulu Utara dengan tema: Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global. Kegiatan virtual ini terselenggara atas kerjasama Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, pada Kamis (16/09/2021).

Kegiatan yang diikuti Seluruh Guru Peserta Webinar Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru di Kabupaten Bengkulu Utara ini menghadirkan Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, Inisiator Program di SahabatGuru, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan & Kebudayaan Himmatul Hasanah. Dalam kesempatan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate sebagai “Keynote Speech” dengan Tema Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi tantangan Global. Kemudian Keynote Speech berikutnya oleh Pakar Nasional Bidang Pendidikan Ahmad Baedowi AR, dan terakhir selaku Keynote Speech yakni Tokoh Pendidikan, Bupati Bojonegoro 2008-2018, Dr. Suyoto, M.Si.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, yang mewakili Ketua Umum Apkasi Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E menyampaikan Komitmen Apkasi dalam mendukung Program Guru Cakap Bermedia Digital. Riza mengatakan bahwa tantangan di ruang digital saat ini semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan yakni politik, pemerintahan, ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan.

“Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan. Literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Hal ini menjadi tantangan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyiapkan human resource digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital,” terang Riza.

Dalam perspektif pendidikan, imbuhnya, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. “Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter,” urai Riza.

Oleh karena itu, Apkasi sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah, dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital. “Perlu kami informasikan kepada seluruh peserta bahwa selama 10 tahun terakhir Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga Pendidik di 180 daerah di Indonesia. Kami meyakini dengan sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan Pendidikan di tanah air,” terangnya sembari menjelaskan, Apkasi bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform sahabat guru siap mengawal literasi digital di daerah agar dapat bersaing di era digital.

“Terakhir, kami sangat berharap Bapak Bupati dan jajaran pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dapat terus aktif di organisasi Apkasi ini untuk dapat saling bertukar pengalaman dan saling bekerjasama untuk memajukan bangsa,” ujar Riza.

Sebelum Riza menutup sambutan, pihaknya ingin mengajak seluruh stakeholder terkait untuk terus dapat mengendalikan penyebaran Covid-19, karena varian-varian virus corona yang diyakini lebih berbahaya mulai masuk ke Indonesia. (*)

About Humas 597 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org