Apkasi Gelar APN 2016, Pertemukan Pengguna Anggaran dan Mitra Penyedia Barang/Jasa

Seiring dengan era keterbukaan informasi dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik, prinsip kehati-hatian mutlak diperlukan baik oleh pihak kementerian/lembaga (K/L) sebagai pengguna anggaran maupun dari pihak penyedia barang dan jasa. Inilah salah satu dasar bagi Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) menyelenggarakan kegiatan expo Apkasi Procurement Network (APN) 2016 yang berlangsung di Puri Agung Convention Hall, Sahid Jaya Hotel, Jakarta (23/8/16).

Apkasi Procurement Network 2016_Pembukaan Ratu Tatu Bupati Serang

(Foto: Humas Apkasi. Tampak Bendahara Umum Apkasi, Hj. Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang), mewakili Ketua Umum Apkasi, saat sedang memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Apkasi Procurement Network (APN) 2016, di Jakarta (23/8/16)

Menurut Wakil Bendahara Umum Apkasi, Hj. Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang) yang mewakili Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming (Bupati Tanah Bumbu) untuk membuka acara, kegiatan ini sangat penting untuk diselenggarakan. Ratu Tatu menjelaskan ada 16 perusahaan mitra yang mengisi 19 booth pameran yang disiapkan oleh panitia. Kegiatan yang baru kali ini dilaksanakan, ternyata menarik perhatian dengan jumlah tamu undangan dari pemerintah kabupaten di daerah yang mencapai 400-an orang. Tamu undangan ini terdiri dari kepala daerah (bupati/wakil bupati), sekretaris daerah, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), ULP (Unit Layanan Pengadaan), BUMD, serta para dinas pengguna anggaran lainnya.

“Selain mempertemukan antara pengguna anggaran dan mitra penyedia barang dan jasa, yang menarik dari APN 2016 ini adalah gelaran talk show yang menghadirkan narasumber kompeten di bidang barang dan jasa,” tutur Ratu Tatu.

Apkasi Procurement Network 2016 (4) Apkasi Procurement Network 2016 (5)

(Talk show di sesi pagi APN 2016, menghadirkan Samudra Gunadharma dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa) dan Tuty Kusumawati (Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta)

Yang pertama di sesi pagi mengusung tema “Pengembangan e-Katalog Daerah dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Lokal”, yang disampaikan oleh Samudra Gunadharma dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa) dan sebagai best practices, tampil Tuty Kusumawati, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, yang memaparkan tentang pengalaman Pemprov DKI Jakarta dalam proses pengadaan barang dan jasa dengan mengembangkan sistem e-Katalog Lokal.

Apkasi Procurement Network 2016 (2) Apkasi Procurement Network 2016 (6)

Di sesi kedua setelah makan siang, talk show makin menarik karena membahas topik bagaimana meminimalisir potensi masalah dalam pengadaan barang dan jasa agar terhindar dari jerat hukum. Narasumber dalam sesi ini pun berasal dari lembaga yang sangat kredibel, seperti Wakil Ketua KPK Alexander Marwoto, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP Ir Fadil Arif, Inspektur Pemeroleh Keyakinan Mutu Pemeriksaan (PKMP) BPK RI Bernadus Dwita Prada, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Apkasi Procurement Network 2016 (10) Apkasi Procurement Network 2016 (9)

Dalam kesempatan tersebut, Alexander Marwoto dari KPK mengingatkan bahwa proses pengadaan barang dan jasa ini rawan terjadi korupsi, mulai dari proses perencanaan, pengadaan hingga pelaksanaannya.  Sementara itu, Dwita Pradana dari BPK mencuri perhatian dengan menampilkan judul dalam slidenya, “Meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui e-Purchasing,” dan hasilnya cukup menyedot atensi audiens.

Apkasi Procurement Network 2016 (7)Acara yang didukung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan ini, secara antusias dimanfaatkan oleh para peserta penyedia barang dan jasa dengan mempresentasikan keunggulan produk atau layanan yang dipamerkan. Inti dari APN 2016 sendiri adalah kesempatan booth visit yang dilakukan usai talk show, di mana para tamu undangan yang notabene adalah pengguna anggaran bisa berinteraksi langsung dengan para vendor penyedia barang/jasa di booth masing-masing.

Apkasi Procurement Network 2016 (1) Apkasi Procurement Network 2016 (3)

Beberapa perusahaan yang ikut berpartisipasi antara lain:

  1. BPJS Ketenagakerjaan
  2. Layar Nusa
  3. Otonomi.co.id
  4. Adiresy
  5. PT Ara Media Nusantara
  6. DTP – Internet.Data.Center – VSAT
  7. PT Yudatama Globalindo Asia
  8. Putera Sampoerna Fondation
  9. CV Bartec Utama Mandiri
  10. PT Hino Motors Sales Indonesia
  11. PT Gemilang Teknik Persada
  12. LKPP
  13. PT EMS Indoappliances
  14. PT Djahidin Tour and Travel
  15. THK Sarana Global
  16. PT Metalindo Teknik Utama
  17. PT Astra International Tbk – Honda (Astra Motor)
About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org