Apkasi Dukung Penuh Sosialisasi Kemitraan Pemerintah Daerah & Kampus Melalui Program Dana Hibah Kedaireka Rp 1-2 Triliun Tahun 2023

Jakarta, Apkasi.org. Dalam rangka meningkatkan kulitas SDM di tanah air, Apkasi mendukung penuh kegiatan Kemitraan Pemerintah Daerah – Kampus Melalui Kedaireka Program Dana Hibah Kedaireka 1-2 Triliun Tahun 2023. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Apkasi, Adnan Purichta Ichsan saat memberikan kata sambutan di Jakarta, Selasa (17/05/2022).

Adnan Purichta Ichsan yang mewakili Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang berhalangan hadir, menegaskan komitmen Apkasi dalam kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Apkasi dengan Dikti beberapa waktu lalu. Tampak hadir dalam kegiatan ini Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, para pengurus Apkasi dan para Bupati selaku Anggota Apkasi yang antuasias dengan program kemitraan ini.

Adnan yang juga merupakan Bupati Gowa ini mengatakan Apkasi adalah organisasi yang dibentuk, dirumuskan, dan dicita-citakan oleh semangat reformasi untuk menjadikan otonomi daerah sebagai suatu jawaban bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. “Tugas dan fungsi Apkasi adalah menjadi mitra kritis dan strategis pemerintah dalam menyusun kebijakan nasional, menjadi fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat serta bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi program yang dapat bermanfaat bagi daerah serta untuk kesejahteraan rakyat.

Satu dari banyak permasalahan yang terus menjadi pekerjaan rumah pemerintah, masih menurut Adnan adalah pembangunan Sumber Daya manusia secara merata. Ia berujar, “Seperti kita ketahui, kualitas sumber daya manusia sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat ditengah sengitnya persaingan regional dan global. Sekarang ini, kita terus menghadapi dunia yang sangat dinamis, penuh resiko dan sangat kompetitif. Perubahan besar sedang terjadi di dunia.”

Untuk menghadapi hal tersebut, sebut Adnan, kita harus terus mengembangkan cara-cara dan nilai-nilai baru. Inovasi harus menggeliat di semua sendi kehidupan dan harus menjadi budaya kita bersama. Sinergi dari semua elemen bangsa untuk membangun negeri sangat diperlukan, salah satunya sinergi dengan perguruan tinggi yang memiliki banyak inovasi bagi daerah.

“Oleh sebab itu kami sangat menyambut baik kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Apkasi sebagai upaya meningkatkan program-program yang ada di daerah agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas. Kita harus terus bersama-sama mendorong inovasi cipta reka dalam meningkatkan kreativitas Perguruan Tinggi dan peningkatan pengabdian masyarakatnya dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat dan dunia kerja,” tukasnya. (*)

About Humas 759 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org