Apkasi Dorong Pemerintah Daerah Kembangkan Peran UMKM di Tengah Pandemi

Gowa, Apkasi.org. Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Adnan Purichta Ichsan berharap seluruh pemerintah daerah mampu mengembangkan peran UMKM di daerahnya masing-masing. Hal ini ditegaskan saat Bupati Gowa ini memberikan sambutannya dalam kegiatan Workshop Kick Off Program Workshop SEED Policy Lab for Sustainable Procurement (PLSP), Selasa (28/09/2021) secara virtual.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Adnan Purichta Ichsan memberikan sambutannya dalam kegiatan Workshop Kick Off Program Workshop SEED Policy Lab for Sustainable Procurement (PLSP), Selasa (28/09/2021) secara virtual. (Foto: Humas Pemkab Gowa)

Kegiatan kikck off ini sendiri merupakan hasil kerjasama Bappenas dengan Instellar, Apkasi, Lingkar Temu Kabupaten Lestari dan SEED yang dikemas dalam bentuk diskusi interaktif sebagai bagian dari eksplorasi Subtema Strategi Mendorong Industri Mikro dan Kecil Naik Kelas.

Dalam kesempatan ini, Adnan mengungkapkan, Apkasi sebagai asosiasi yang beranggotakan pemerintah kabupaten memiliki tugas membina UMKM sangat berkepentingan terhadap isu-isu penguatan UMKM, di mana UMKM sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kondisi pandemi ini mendorong kabupaten untuk cepat beradaptasi khususnya dalam penguatan pengadaan barang dan jasa lokal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh UMKM dan pengadaan publik juga memiliki potensi untuk membantu stabilitas UMKM yang berkembang dengan meningkatkan jumlah transaksi dari produk yang dimiliki,” ungkapnya.

Adnan mengaku kegiatan yang dilaksanakan oleh Bappenas dan Ketua Lingkar Temu Kabupaten Lestari ini merupakan bagian dari kolaborasi lintas kelompok pemangku kepentingan yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi pendukung UMKM untuk mengembangkan solusi kebijakan dalam pengadaan barang dan jasa berkelanjutan dan mengutamakan pembelian barang dan jasa dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Adnan Purichta Ichsan memberikan sambutannya dalam kegiatan Workshop Kick Off Program Workshop SEED Policy Lab for Sustainable Procurement (PLSP), Selasa (28/09/2021) secara virtual. (Foto: Humas Pemkab Gowa)

“Selama Pandemi Covid-19, banyak pemerintah daerah yang telah membantu UMKM dalam pemasaran, pelatihan manajemen, penggunaan teknologi informasi dan bentuk dukungan lainnya, sehingga keberhasilan kebijakan untuk mendorong UMKM naik kelas melalui pelibatan UMKM sebagai penyedia barang publik di tingkat lokal,” jelasnya.

Olehnya ia berharap hal ini dilakukan sinkronisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan kabupaten agar implementasi di lapangan tidak menimbulkan masalah baru dan tidak terkendala oleh adanya aturan-aturan yang tidak sinkron.

“Melalui pertemuan kick-off hari ini menjadi awal agar penguatan pengadaan barang dan jasa berkelanjutan menjadi fokus utama dalam penguatan UMKM. Kami juga mengajak kepada para bupati menjadi pelopor kampanye #BanggaBuatanIndonesia,” harapnya.

Seperti diketahui gerakan #BanggaBuatanIndonesia dan seruan prioritisasi barang lokal dalam pengadaan barang & jasa hingga kini menjadi pendongkrak penting bagi UMKM di tengah pandemi. Saat ini, UMKM daerah di penjuru nusantara juga semakin kreatif untuk menyediakan opsi produk dan jasa yang ramah lingkungan dan ramah sosial. (*/Foto: NH/Humas Pemkab Gowa)

About Humas 597 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org