Apkasi Berkomitmen Kawal dan Dukung Guru-guru di Daerah Kuasai Teknologi Informasi Digital

Jakarta, Apkasi.org. Apkasi berkomitmen mengawal dan mendukung para tenaga pendidikan untuk mampu menguasai teknologi informasi digital. Ini yang disampaikan Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayan Apkasi, H. Zahir MAP (Bupati Batubara) saat memberikan sambutan di Webinar Pendidikan dengan tema: Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global. Kegiatan virtual ini terselenggara atas kerjasama Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, pada Kamis (12/8/2021).

Zahir menggarisbawahi dalam menghadapi tantangan di era digital seperti sekarang ini para tenaga pendidik tidak hanya dituntut menguasai teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Dalam konteks dunia pendidikan, guru sebagai komponen utamanya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital.

Guru, imbuh Zahir, harus mempunyai mindset terbuka terhadap pemanfaatan platform pendidikan yang disesuiakan dengan situasi pendidikan jarak jauh, mengusai teknik-teknik mengajar yang baru. Di tengah situasi penuh pembatasan-pembatasan seperti sekarang ini, tantangan guru adalah tetap harus mampu menghasilkan lulusan-lulusan sumber daya manusia yang andal yang bisa menyelesaikan masalah-masalah kompleks di masyarakat, berfikir kritis dan analisis serta memiliki karakter yang mulia.

Zahir menegaskan Apkasi yang merupakan mitra strategis pemerintah pusat dengan jaringan di 416 pemerintah kabupaten di seluruh tanah air berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi digital. “Selama 10 tahun terakhir, Apkasi bersama Yayasan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik an di 180 derah di Indonesia. Kami yakin dengan sinergi berbagai pihak, langkah ini akan mampu mempercepat pemerataan pendidikan di tanah air,” imbuhnya.

Ia berujar, “Apkasi bersama Yayasan Adiluhung Nusantara siap mengawal literasi digital di daerah, agar SDM kita bisa bersaing di era digital ini. Guru mempunyai peran strategis dalam memberikan inspirasi dan motivasi kepada para anak didiknya dengan mengusung spirit Indonesia maju.” Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serta Prof Suyanto Ph.D dan Djohan Yoga, Ph.D. (*)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org