Apkasi Berkewajiban Dorong Pengawasan Obat dan Makanan Demi Masa Depan Bangsa yang Sehat

Maraknya berbagai produk olahan makanan dan obat-obatan yang beredar di masyarakat tentu menimbulkan dampak yang luas. Di satu sisi, perkembangan ini memicu tumbuhnya ekonomi kreatif yang memanfaatkan potensi alam di tanah air untuk memproduksi makanan olahan, jamu maupun obat herbal alternatif. Namun, di sisi lain ada ancaman kesehatan akan beredarnya obat dan makanan olahan baik di dalam negeri maupun yang datang dari nagara lain yang tidak sesuai dengan standard kesehatan dunia.

[Tampak Najmul Akhyar, Bupati Lombok Utara yang mewakili Pengurus Apkasi menjabat tangan Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito usai penandatanganan MoU antara BPOM dan Apkasi. Acara berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Foto: Humas Apkasi]

Atas dasar inilah, Apkasi menyambut baik ajakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam ikut membantu peran dan fungsinya di masyarakat luas. Sambutan baik ini kemudian dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak pada moment ulang tahun ke-17 BPOM yang berlangsung meriah di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Penandatanganan MoU dilakukan masing-masing oleh Pengurus Apkasi Koordinator Regional Bali, NTB dan NTT, Najmul Akhyar (Bupati Lombok Utara) dengan Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito. Usai melakukan tanda-tangan MoU, Najmul menyampaikan terima kasih kepada BPOM. Dalam kacamata Apkasi, terang Najmul, kerjasama yang baru saja ditandatangani merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut kesehatan, keselamatan dan keberlangsungan generasi mendatang.

“Di mana kita lihat bersama dengan seiring kemajuan teknologi, hasil makanan olahan pun juga bermacam-macam, sehingga menjadi kewajiban Apkasi untuk terus menyampaikan kepada anggota agar ikut aktif menyosialisasikan bagaimana pentingnya makanan yang sehat, makanan yang bergizi, makanan di mana sebelum dikonsumsi oleh anak-anak kita itu harus diawasi dulu oleh BPOM sehingga tidak membahayakan bagi anak-anak kita. Hari ini kita tidak sekedar menandatangani MoU berkaitan dengan obat dan makanan saja tetapi ini menyakut masa depan bangsa kita,” imbuh Najmul lagi. (*)

About Humas 471 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org