Apkasi Audiensi dengan LKPP, Dorong Belanja Produk Dalam Negeri di Pemerintah Daerah

Jakarta, Apkasi.org. Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa/Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi menerima audiensi dari perwakilan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) pada Rabu (9/11) di gedung LKPP Jakarta. Didampingi oleh jajaran Pejabat Tinggi Madya LKPP, Kepala LKPP menerima secara langsung Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang hadir bersama jajarannya.

Audiensi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kerja sama yang harmonis dan bersinergi guna mendorong pelaksanaan pengadaan barang/jasa sesuai aturan dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan pemerintah daerah, khususnya pada Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia.

Ketua Umum APKASI yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan siap bersinergi dengan LKPP, untuk mendorong penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN).

“APKASI siap bersinergi, patuh dan taat untuk melaksanakan tugas yang diberikan kepada Pak Hendrar dalam rangka melaksanakan arahan presiden. Ini penting bagi kami karena sinergi LKPP dengan Kepala Daerah khususnya Bupati, perlu komunikasi dengan forum-forum kami di tiap wilayah supaya dapat merasakan program dan pendampingan dari LKPP” ungkap Sutan Riska mengawali diskusi.

Pada kesempatannya, Sutan Riska mengakui masih ada beberapa kabupaten yang capaian Katalog Lokalnya masih terhitung rendah. Ia berharap dengan kegiatan ini bisa membantu daerah-daerah tersebut.

Disampaikan juga laporan dari beberapa Bupati yang ikut hadir terkait perkembangan di daerah masing-masing, salah satunya Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda. Joune menyampaikan Kabupaten Minahasa Utara sudah masuk dalam level pro aktif dan menjadi salah satu kabupaten dengan capaian katalog lokal tertinggi. Salah satu jurusnya adalah dengan menggandeng bank daerah, dengan mensyaratkan mempunyai NIB dan terdaftar di katalog sebagai salah satu pemberian pinjaman KUR sehingga pelaku usaha berbondong-bondong mendaftar katalog lokal.

Menanggapi hal tersebut Hendi mengapresiasi kerja keras para Bupati dan sepakat dengan semangat untuk bersinergi “Yang disampaikan tadi memang tugas yang harus dilakukan bersama, arahan presiden agar PDN bisa mendominasi setidaknya di sektor pemerintahan” ungkap Hendi.

Selanjutnya Hendi berpesan untuk pemanfaatan anggaran belanja dengan baik dan benar agar bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Belajar dari krisis ekonomi di berbagai penjuru dunia pertumbuhan ekonomi justru bisa didongkrak jika UMKM diberdayakan dan ikut berpartisipasi. “PR kita hari ini tidak hanya berlomba-lomba tayang produk di katalog, namun produk-produk tersebut juga harus dibeli maka kita harus meningkatkan transaksinya juga” ungkap Hendi. (*)

About Humas 759 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org