Apkasi Ajak Semua Bupati Se-Indonesia Galakkan Para Siswa Belajar di Rumah Secara Produktif

Jakarta, Apkasi.org. Wabah Corona atau lebih dikenal dalam istilah kedokteran sebagai COVID-19 tengah melanda semua negara termasuk Indonesia. Untuk itulah mulai Senin (16/3) hingga Senin (30/2) beberapa Pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan untuk siswa belajar di rumah.

Namun jika tidak ada monitoring dan tidak ada pembelajaran bagi siswa otomatis akan menjadi kendala. Atas dasar alasan itulah Apkasi melakukan kerjasama dengan perusahaan start-up Ruang Guru dan provider Telkomsel terkait Sekolah Online Ruangguru GRATIS melalui aplikasi Ruang Guru. Dengan adanya sekolah online ini para siswa dan siswi masih tetap bisa belajar di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19.

“Kami berterima kasih kepada Ruang Guru dan juga Telkomsel atas kerjasama ini. Oleh karena itu kepada para bupati mari kita gunakan kesempatan ini dengan semaksimal mungkin. Caranya dengan meminta kepada kepala dinas pendidikan untuk menyebarluaskan kepada anak didik untuk belajar secara online,” ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Senin (16/03/2020).

Program Sekolah Online Ruang Guru Gratis berjalan setiap hari (Senin-Jumat), dimulai dari Senin, 16 Maret 2020 pukul 08.00-12.00 WIB mencakup semua mata pelajaran untuk semua jenjang sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD s/d 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh Master Teachers Ruangguru. Selain fasilitas live teaching, para siswa juga dapat terus melatih pemahamannya lewat fitur Bank Soal dan Online Tryout yang juga disediakan GRATIS.

Panduan Sekolah Online Gratis Ruang Guru

Berikut ini panduan cara akses Sekolah Online Ruang Guru Gratis:

  1. Buka aplikasi Ruang Guru dan klik ikon Sekolah Online Ruang Guru
  2. Siswa dapat memilih sesi yang sedang berlangsung sesuai dengan jenjang kelas (SD, SMP, SMA IPA/IPS)
  3. Klik lonceng untuk mengaktifkan notifikasi pada sesi selanjutnya yang ingin siswa tonton.

Bagi Guru

Bagi guru juga dapat menggunakan waktunya untuk meningkatkan kapasitasnya lewat program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan secara GRATIS selama 1 bulan ke depan. Modul ini mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti: kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Bagi guru di rumah juga bisa mengikuti Pelatihan Guru Gratis secara online, caranya:

  1. Buka Aplikasi Ruang Guru dan pilih kelas Pelatihan Guru
  2. Pilih materi dan subtopik
  3. Lalu tonton video belajar beranimasi yang diselingi dengan latihan soal

Hemat Kuota Internet

Bagi siswa atau guru yang ingin hemat kuota, Telkomsel memberikan 30GB data gratis untuk belajar online di aplikasi Ruang Guru.

Caranya mudah:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Klik banner “Terus Belajar”, lalu pilih banner “Bebas Akses Ruangguru 30GB”
  3. Lihat rincian paket Rp0 lalu klik “Beli”
  4. Konfirmasi pembelian. GRATIS!
  5. Paket sudah aktif.

Selamat Belajar!

Akses aplikasi Ruangguru di tautan ini —> ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

Silakan manfaatkan kesempatan ini dan mohon disebarkan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat agar bisa menikmati layanan pendidikan ini.

About Humas 528 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org