Aklamasi! Bupati Lampung Tengah Terpilih Menjadi Korwil Lampung Masa Bhakti 2021-2026

Lampung, Apkasi.org. Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad, S.Sos terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Koordinator Wilayah (Korwil) Lampung masa bhakti 2021-2026. Penetapan Musa Ahmad sebagai Ketua Apkasi Korwil Lampung berdasarkan kesepakatan para anggota Apkasi Korwil Lampung yang berlangsung pada acara Musyawarah Wilayah (Muswil) IV Apkasi Korwil Lampung di Grand Elty, Kalianda, Selasa (12/10/2021).

[Tampak Bendahara Umum Apkasi Hj. Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang) memberikan sambutan dalam Muswil IV Korwil Lampung, Lampung, Selasa (12/10/2021).

Mewakili Dewan Pengurus Apkasi, Bendahara Umum Apkasi yang juga Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya melaporkan bahwa Kantor Sekretariat Apkasi telah menerima berbagai masukan dari berbagai daerah atas persoalan-persoalan yang dihadapi, seperti misalnya terkait kebijakan refokusing anggaran yang mana besaran 8% anggaran untuk penanganan Covid-19 yang disamaratakan antar satu daerah dengan daerah yang lain, padahal kondisinya berbeda-beda.

Ratu Tatu menambahkan hal berikutnya yang juga dikeluhkan oleh daerah yang berkirim surat ke Kantor Sekretariat Apkasi adalah masalah kebijakan penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). “Banyak teman-teman bupati yang mengeluh sistem ini belum siap sehingga membingungkan dalam penerapannya,” katanya seraya menambahkan hal lain juga dikeluhkan soal penerapan OSS (one single submission) berbasis resiko yang masih terkendala masalah teknis.

Atas keluhan-keluhan dari daerah ini, imbuh Tatu, Dewan Pengurus Apkasi langsung bergerak dengan berkirim surat serta melakukan audiensi dengan kementerian terkait untuk seperti Kemendagri untuk permasalahn SIPD dan Kementeria Investasi/BKPM untuk masalah OSS. “Alhamdulillah responnya positif, beberapa kali melakukan zoom meeting dengan Ditjen Binakeuda Kemendagri serta pembentukan tim teknis Kementerian Investasi dengan Apkasi dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan audiensi dengan Menteri Investasi,” ujarnya.

Ratu Tatu menambahkan Dewan Pengurus Apkasi berharap musyawarah di Korwil Lampung ini menjadikan anggota Apkasi, khususnya di wilayah Lampung makin solid dan bersama-sama tetap semangat menghadapi pandemi Covid-19 dan terus berikhtiar membangkitkan roda perekonomian di daerah.

Dengan hasil aklamasi yang telah disepakati, Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad menggantikan posisi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebagai Ketua Apkasi Korwil Lampung untuk lima tahun ke depan. Dalam muswil kali ini, dari 13 anggota Apkasi Korwil Lampung hadir 8 di antaranya yakni; Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Bupati Lampung Timur H. M. Dawam Rahardjo, dan Bupati Pringsewu H. Sujadi, Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad, Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, dan Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus. Hadir juga Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif.

Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona yang didapuk sebagai Presidium Sidang Pemilihan Ketua Apkasi Korwil Lampung masa bhakti 2021-2026 menyatakan, bahwa telah melaksanakan pemilihan sesuai ketentuan dan kesepakatan para anggota APKASI. “Bahwa hasil keputusan dengan asas Musyawarah Mufakat oleh seluruh anggota APKASI Korwil Lampung untuk menunjuk dan menetapkan saudara H. Musa Ahmad, S.Sos Bupati Lampung Tengah sebagai Ketua Apkasi Korwil Lampung masa bhakti 2021-2026,” ujar Dendi Ramadhona seraya mengetuk palu sidang tiga kali.

Diketahui, berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Apkasi Nomor: 291/ADM/DP-Apkasi/XII/2020 serta Keputusan Ketua Umum APKASI Nomor : 003/Kpts/DP-Apkasi/IV/2021, mengamanatkan kembali Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebagai ketua sementara Apkasi Korwil Lampung hingga pelaksanaan Muswil IV tersebut.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menahkodai Apkasi Korwil Lampung periode 2015-2020. Hingga akhirnya, Musa Ahmad terpilih sebagai Ketua Apkasi Koordinator Wilayah Lampung masa bhakti 2021-2026 dalam Muswil IV Apkasi Korwil Lampung .

“Saya Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengusulkan Kang Musa (Bupati Lampung Tengah) sebagai Ketua APKASI Korwil Lampung,” ujar Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam pemilihan Ketua AKPASI melalui sistem pemilihan secara terbuka.

Senada dengan Bupati Lampung Selatan, seluruh bupati anggota Apkasi Korwil Lampung yang hadir dalam musyawarah itu atau yang mewakili sepakat satu suara memilih Musa Ahmad sebagai Ketua Apkasi Korwil Lampung masa bhakti 2021-2026.

Sementara itu, terpilih sebagai Ketua Apkasi Korwil Lampung, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh seluruh anggota Apkasi Korwil Lampung. “Walaupun saya merasa banyak kekurangan dan belum tepat menurut saya, insya Allah dengan segala kekurangan saya menerima keputusan ini. Karena disni juga sebagai tempat saya untuk lebih banyak belajar kedepan,” kata Musa Ahmad.

Pada kesempatan itu, Musa Ahmad juga meminta dukungan dan arahan kepada seluruh anggota Apkasi Korwil Lampung dalam melaksanakan tugas kedepan. “Saya juga mohon bimbingan dan arahan dari seluruh senior-senior bupati di Provinsi Lampung. Mudah-mudahan kedepan APKASI semakin baik, semakin bisa berbuat memperjuangkan apa yang menjadi harapan dan keinginan kita para kepala daerah yang ada di Provinsi Lampung ini,” tandasnya. (*/SumateraPost.co)

About Humas 597 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org