9 Bupati Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leaders Season VII-VIII 2021

Jakarta, Apkasi.org. Sebanyak 15 kepala daerah menerima penghargaan dalam Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) season VII dan VIII dengan tema “Peran Visi di Tengah Pandemi” yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia (MPI) di Jakarta, Kamis (09/09/2021). Di antaranya terdapat 9 Bupati yang mendapatkan pengghargaan tersebut, yakni masing-masing dari kabupaten: Sumedang, Banyuasin, Bantaeng, Manggarai Timur, Tanah Laut, Puncak, Majalengka, Barito Kuala dan Maluku Barat Daya.

[Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) Tjahjo Kumolo memberikan sambutan malam  Inagurasi Indonesia Visionary Leader yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang berlangsung MNC Conference Hall, iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/9/2021) malam. Foto: Sindonews.com]

Dalam sambutannya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) Tjahjo Kumolo mengajak para kepala daerah bersama-sama membangun relasi dengan berbagai pihak. Menurutnya, menjadi pemimpin yang visioner, seseorang harus pandai membangun hubungan baik dengan berbagai kolega, teman, mitra hingga para penentang sekali pun. Hubungan tersebut akan berbuah manis untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

“Ini merupakan investasi yang luar biasa, karena di satu saat kita memerlukan bantuan mereka, mereka akan sukarela memberikan bantuannya kepada kita. Pola hubungan seperti ini akan sangat membantu pemimpin untuk membangun kolaborasi,” kata Tjahjo Kumolo

Tjahjo juga berpesan, agar para kepala daerah menggunakan jabatan dengan amanah, yang mewariskan hal-hal baik terhadap masyarakat yang dipimpinnya.

“Tidak banyak orang memperoleh kesempatan menjadi kepala daerah, karena itu gunakanlah amanah menjadi kepala daerah dengan memberikan warisan yang baik masyarakat di daerah. Agar saudara-saudara tetap dikenang sebagai kepala daerah yang menginspirasi masyarakat, kepala daerah memberikan warisan kebaikan dan masa depan yang cerah bagi masyarakat,” tuturnya.

[Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik]

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik, sekaligus dewan juri mengungkapkan, penilaian kepala daerah yang menerima penghargaan dalam malam Inagurasi Indonesia Visionary Leaders ( IVL ) telah melalui proses penilaian yang amat ketat. “Penilaian sangat ketat kita terapkan bersama-sama. Kami berempat selalu diminta MNC untuk melakukan review dan monitoring para kepala daerah,” ujarnya.

Selain Akmal, yang bertindak sebagai dewan juri dalam acara IVL yaitu Ketua pembina Indonesia Institut for Corporate Directorship Andi Ilham Said, Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Budi Frendisy.

Akmal berharap, acara IVL dapat menjadi momentum kepala daerah agar berupaya memberikan yang terbaik bagi rakyat daerah yang dipimpinnya. Meski diterpa berbagai masalah, termasuk pandemi Covid-19. “Kami berharap momentum ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah dan kolaborasi yang perlu dioptimalkan di masa yang akan datang,” jelasnya.

Akmal mengatakan, sangat berterima kasih atas peran MNC Media yang selalu berkolaborasi dengan pemerintah di berbagai kesempatan. Terkhusus IVL, hal ini dapat dijadikan ruang bagi masyarakat untuk menilai kepemimpinan kepala daerah dalam menangani permasalahan yang ada.

“Kita beri ruang kepada masyarakat, untuk menilai bagaimana kepala daerah memimpin. Kemudian kita berikan pendidikan demokrasi yang cukup hebat. Tujuannya agar masyarakat bisa menilai siapa sebenarnya pemimpin mereka. Melalui peran media lah hal ini bisa dilakukan,” katanya.

Tak lupa Akmal memberikan selamat kepada para kepala daerah yang berhasil mendulang prestasi penghargaan pada malam ini. Ke depannya, harap Akmal, para pemimpin terus bisa memberikan inovasi-inovasi karena Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang selalu berkarya.

“Selamat kepada kepala daerah terpilih dengan kategori yang ada, teruslah berkaya. indonesia membutuhkan orang seperti kalian, kita membutukan pemimpin hebat,” jelasnya.

Indonesia Visionary Leader merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang juga untuk menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya.

[Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir]

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membagikan kabar gembira ini melalui akun IG-nya. “Berkat doa dan dukungan masyarakat Sumedang, saya berhasil meraih THE BEST OVERALL pada Indonesia Visionary Leader Season VII tahun 2021. Sebagai kepala daerah, visi saya diuji dalam menghadapi pandemi Covid 19 di hadapan para juri,” tulisnya.

[Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin]

Hal sama juga dibagikan oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin yang bersyukur atas penghargaan yang diterimanya. Ia pun menulis, “Alhamdulillah satu lagi penghargaan untuk Kabupaten Bantaeng sebagai Best Managing Sustainable Development dalam ajang Indonesia Visionary Leader. Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Bantaeng.”

[Bupati Majalengka Karna Sobahi]

Sedangkan Bupati Majalengka Karna Sobahi yang juga memperoleh penghargaan dalam kesempatan presentasi menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pandemi COVID-19 ini, ada 2 (dua) hal penting dalam kehidupan bermasyarakat yakni, masalah kesehatan dan ekonomi serta peningkatan dalam hal layanan dasar kesehatan masyarakat menjadi fokus utama dalam upaya menjaga kondisi ekonomi masyarakat.

Sementara itu Bupati Manggarai Timur (Matim) Andreas Agas yang meraih penghargaan kategori Leader In Tourism Management Based on Local Wisdom memaparkan materi berjudul “Visi Manggarai TImur Menuju Pariwisata Berkelanjutan Kelas Dunia.” Kabupaten Matim dinilai cukup visioner dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat, di tengah pandemi mampu melihat hal positif yang bisa diambil dari boomingnya wisata Labuan Bajo.

[Bupati Manggarai Timur (Matim) Andreas Agas]

“Pariwisata berbasis masyarakat yang menjadi semangat pariwisata Matim oleh ASET justru menjadi sangat seksi di tengah gempuran desain pariwisata super premium. Dalam konteks Community Based Tourism, kita tidak boleh menafikan kebijaksanaan lokal yang justru membuat pariwisata itu menjadi jauh lebih bernilai,” jelas Agas.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 hingga kini masih menjadi tantangan bagi para kepala daerah dari pusat hingga tingkat gubernur, wali kota dan bupati. Pandemi dengan semua konsekuensinya juga merupakan ujian bagi para kepala daerah dalam menjalankan visi pemerintahannya di tengah misi menghadapi pandemi Covid-19.

[Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo]

“Kami yakin setiap kepala daerah memiliki visinya masing-masing dalam mencari dan mengaplikasikan solusi terhadap permasalahan pada masa pandemi Covid-19. Dalam Indonesia Visionary Leader bisa tergambar bagaimana solusi yang dijalankan oleh para pemimpin atau kepala daerah tersebut dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di daerahnya masing-masing,” demikian disampaikan Hary Tanoesoedibjo dalam sambutannya.

Berikut 15 Kepala Daerah yang mendapatkan apresiasi dalam acara Indonesia Visionary Leaders (IVL) pada sesi VII dan VIII 2021:

  1. Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, dengan Apresiasi The Best Overall.
  2. Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, dengan Apresiasi Best in Local Community Development.
  3. Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, dengan Apresiasi Best in Managing Sustainable Development.
  4. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, dengan Apresiasi Leader in Microfinance Empowerment Initiative.
  5. Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, dengan Apresiasi Leader in Tourism Management Based on Local Wisdom.
  6. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi, dengan Apresiasi Leader In Social Integrated Data Management.
  7. Bupati Tanah Laut, Sukamta, dengan Apresiasi Indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation.
  8. Bupati Puncak, Willem Wandik, dengan Apresiasi Indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation.
  9. Bupati Majalengka, Karna Sobahi, dengan Apresiasi Indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation.
  10. Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, dengan Apresiasi Indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation.
  11. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dengan Apresiasi Best Overall.
  12. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dengan Apresiasi Leader in Pandemic Data Management.
  13. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dengan Apresiasi Leader in Smart Governance.
  14. Bupati Barito Kuala, Noormiliyani, dengan Apresiasi Leader in Rural Development.
  15. Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, Apresiasi Indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation.

Sumber Artikel & Foto: Sindonews.com

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org