Menpar Arief Yahya Sebut 3 Rahasia di Balik Kemenangan Video Wonderful Indonesia di UNWTO

Video Wonderful Indonesia asli keren. Tak heran, video ini menyabet gelar juara umum kompetisi UNWTO (UN World Tourism Organization) 2017 yang pialanya langsung diterima oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Intercontinental Century City Convention Center Hotel di kota Chengdu, Tiongkok, Jum’at (15/9/17) silam. Di ajang tersebut, Indonesia jawara di dua kelas sekaligus, yakni, The Winner of People’s Choice Award 2017 dan The Winner of UNWTO Video Competition 2017, Region East Asia and Pacific 2017.

Atas torehan emas ini, Menpar Arief Yahya pun menyebut ada 3 (tiga) hal yang membuat video The Journey to a Wonderful World menjadi juara dunia. Menpar Arief Yahya menegaskan, “Rahasianya ada 3 hal!”

Rahasia pertama, destinasi yang divideokan betul-betul keren dan world class, yakni Danau Toba, Jakarta, Banyuwangi, Lombok, Makasar, Wakatobi, dan Raja Ampat. Ia menjelaskan, “Nah, di tempat-tempat itu bisa diviralkan di mana lokasi pengambilan gambarnya.”

Rahasia kedua, teknik pembuatan video itu juga menunjukkan level kesulitan yang tinggi. Sebut saja di sesi free dive atau aksi di kedalaman 4-5 meter, dan tanpa alat selam. Aksi ini jelas sulit, karena teknik pengambilan gambarnya harus mengikuti obek dari bawah kedalaman, harus tahan napas panjang, harus ada gerakan ke bawah, memutar, dan yang penting waktunyanya harus pas. Tak jarang, di adegan ini paling sering dilakukan pengulangan.

Rahasia ketiga, adalah trik memasukkan soundtrack What a Wonderful World’ oleh Louis Armstrong itu sangat tepat. Terasa padu padan dengan ilustrasi gambar, tepat dengan brand Wonderful Indonesia, pas menggambarkan antara fakta yang Wonderful’ dan visual yang Wonderful’. Menpar Arief Yahya menyebut, “Lagu itu sudah sangat mendunia, dan semua orang yang mendengarnya tanpa sadar ikut bersenandung.”

Menpar Arief Yahya menambahkan, selain itu, story film berdurasi 3 menit itu juga bagus, menyentuh dengan mengusung unsur culture, nature, dan manmade sekaligus, yang memang menjadi 3 portofolio pariwisata Indonesia. “Message promosinya tersampaikan dengan baik. Kualitas media gambarnya sangat istimewa, detail, high resolution, keren. Impact bawah sadar orang yang menyaksikan melihat video ini, ada dua reaksi, pertama tanpa sadar menyebut suara ‘waaaw’, dan kedua, mengikuti alunan lagu What a Wonderful World,” ujar Menpar Arief penuh percaya diri. (*)

About Humas 467 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org