Apkasi Terima Kunjungan Kerja KBRI Tokyo dan Konsul Kehormatan Hokkaido Jajaki Kerjasama Investasi Bidang Pendidikan, Pertanian dan Peternakan

Jakarta, Apkasi.org. Dewan Pengurus Apkasi menerima kunjungan kerja dari KBRI Tokyo bersama Konsul Kehormatan Hokkaido. Kegiatan berlangsung di Gedung C, Kemendikbud Jakarta, Selasa (31/01/2023). Pertemuan ini merupakan inisiasi KBRI Tokyo dalam rangka mendorong kerjasama antara berbagai pihak di Jepang untuk bisa bekerjasama di Indonesia khususnya dalam hal investasi di bidang pendidikan, pertanian dan peternakan.

Tampak hadir mewakili Dewan Pengurus Apkasi, Wakil Ketua Umum Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang) dan Dadang Supriatna (Bupati Bandung), Ketua Bidang Pembangunan Desa dan Transmigrasi Marwan Hamami (Bupati Sukabumi), Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Zahir MAP (Bupati Batubara), Sekretaris Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Andi Seto Gadhista Asapa (Bupati Sinjai), serta perwakilan dari Pemkab Blitar didampingi Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang dan Penasehat Apkasi Sokhiatulo Laoli.

Dalam kesempatan ini, Ahmed Zaki menyambut niat baik dari perwakilan Jepang yang ingin menjajaki kerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya pemerintah kabupaten di Indonesia. “Kami siap menyambut wakil dari Jepang jika ingin berkunjung ke daerah-daerah. Di antara kami sudah ada beberapa yang menjalin kerjasama dengan pihak Jepang. Namun jika dalam pertemuan ini ada peluang-peluang baru untuk dikerjasamakan, kami sangat terbuka dan siap menindaklanjutinya,” kata Ahmed Zaki.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menambahkan Pemkab Sukabumi sudah menjalin kerjasama dengan pihak Jepang, khususnya di bidang budi daya ikan sidat dan pengiriman tenaga kerja ahli untuk penangkapan ikan. “Di bidang pertanian kami juga siap kerjasama, kemudian untuk peternakan kami punya sapi unggulan dan ayam dalam skala besar. Kami siap menerima kunjungan dari Jepang untuk penjajagan karena lokasi Sukabumi tidak jauh dari Jakarta. Seluas 60% wilayah kami juga bisa dimanfaatkan dalam bidang pertanian dan perkebunan seperti saat ini kami tengah mengembangkan ubi ungu,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto mengatakan pihaknya juga siap berkolaborasi baik dari sisi pengiriman tenaga kerja maupun produk komoditi unggulan daerah. “Tinggal didetilkan saja kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan, sedangkan untuk komoditi kami memiliki potensi ikan tuna dan rumput laut,” katanya. Senada, Bupati Bandung Dadang Supriatna juga menyatakan kesiapannya bekerjasama dengan pihak Jepang. Sedangkan dari Pemkab Blitar juga memaprkan potensi Ikan Koi yang menjadi unggulan.

Perwakilan Jepang di antaranya, Shigeru Nakayama (Konsul Kehormatan RI di Sapporo/Direktur Utama Nakayama Gumi Co., Ltd.), Hideki Takizawa (Representative of the Honorary Consul), Akitoshi Hayashi (Manajer Departemen Dukungan Komprehensif Koperasi Pertanian Hokkaido Pusat/JA Hokkaido Central Union), Takeshi Matsushima (Kepala Bidang Dukungan Komprehensif Koperasi Pertanian Hokkaido Pusat/JA Hokkaido Central Union) dan Ahmad Hidayat Lubis (Penasehat Khusus pada Konsul Kehormatan RI di Sapporo). (*)

About Humas 749 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org