Apkasi Gelar Executive Course dan Studi Tiru Internasional di 4 Negara Eropa

Dalam rangka memfasilitasi program peningkatan kapasitas aparatur dan kelembagaan dalam hal pemerintahan daerah bagi anggotanya, Apkasi menyelenggarakan Executive Course on Urban Management and Local Economic Development, Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) di Belanda, Kamis (30/8/2018). Selain kegiatan di dalam kelas yang diikuti oleh para bupati, wakil bupati serta jajaran dinas yang terkait, juga dilakukan studi tiru internasional hingga 05 September 2018 di Belanda, Belgia, Jerman dan Prancis terkait pegelolaan sumber daya air, sampah dan pelayanan umum yang menjadi isu penting bagi para pemerintah daerah.

Delegasi Apkasi yang akan mengikuti program executive course di Erasmus University Belanda dan studi tiru ke beberapa negara Eropa diterima beraudiensi oleh I Gusti Agung Wesaka Puja, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Belanda, di Kedubes RI Netherland, Kamis (30/8). Dalam sambutan tertulis Ketua umum Apkasi yang dibacakan oleh Wakil Ketua Umum, Siaful Illah (Bupati Sidoarjo) mengucapkan terima kasih telah disambut dengan baik dan melaporkan agenda kegiatan Apkasi selama di Belanda.

I Gusti Agung Wesaka Puja, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Belanda menyambut gembira kehadiran delegasi Apkasi dan siap membantu memasarkan berbagai potensi unggulan kabupaten agar mampu menembus pasar Eropa, khususnya Belanda karena merupakan pintu gerbang perdagangan ke negara-negara Eropa. Selain itu, dalam kesempatan itu Dubes juga memberikan info tentang berbagai potensi komoditi yang dibutuhkan pasar Jepang dan Eropa serta potensi investasi para investor yang akan masuk ke Indonesia.

Rintis Kerjasama dengan VNG

Program executive course selanjutnya adalah berkunjung ke kantor VNG, yaitu asosiasinya pemerintah kota di Belanda. Di kantor VNG ini, para delegasi mendapat penjelasan mengenai peran dan fungsi VNG yang secara prinsip sama dengan Apkasi, yaitu bagaimana memfasilitasi pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas lembaga. Kelebihannya, menurut Irene, Senior Project International, VNG punya program membantu pemda di seluruh dunia dalam hal managemen air, sampah dll. Irene menambahkan, VNG beranggoatakan 380 pemerintah kota per 1 Januari 2018.

Sementara itu Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolanda Berutu mewakili dewan pengurus, mengucapkan terima kasih atas penerimaan VNG terhadap delegasi Apkasi. Remigo pun menjelaskan Apkasi memiliki 416 anggota dan sangat tertarik dengan berbagai program yang tekah dilaksanakan VNG. Untuk itu, Remigo lantas mengundang VNG untuk datang ke Jakarta guna menjajaki kerjasama dengan Apkasi, terutama dalam mendorong berbagai program yang dapat meningkatkan kapasitas pemkab di seluruh Indoneisa. (*)

About Humas 461 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org