Wow… Pencet Tombol SOS di Aplikasi, 1 Menit Polisi Datang!

Polda Lampung meluncurkan program berbasis informasi teknologi, bernama SOS yang bisa diunduh di telepon pintar berbasis android. Hebatnya, saat dipencet tombolnya, 1 menit polisi langsung datang. 

aplikasi-sos-polda-lampung

(Sumber: Tribun. Foto: Akun FB Zainudin Hasan)

Peluncuran ini dilakukan bersamaan kunjungan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Tampak Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan.

Kapolda Lampung Brigadir Jenderal Ike Edwin menyampaikan program ini merupakan terobosan Polda Lampung menanggapi aduan masyarakat yang melihat kejahatan. “Dengan menekan tombol di aplikasi SOS, dalam satu menit polisi akan tiba di tempat kejadian perkara,” ujar Ike.

Ike mengatakan, masyarakat yang menekan tombol SOS akan diketahui datanya sehingga tidak bisa digunakan untuk main-main. Menteri PAN dan RB Asman Abnur mengapresiasi program tersebut. Menurut dia pelayanan polisi kepada masyarakat harus 24 jam nonstop.

“Jadi walaupun polisi sedang berada di rumah tetap bisa melayani masyarakat dengan teknologi,” tutur Asman. Ia berharap para kapolres berlomba-lomba menciptakan inovasi dalam hal pelayanan kepada masyarakat. “Kapolres yang membuat inovasi harus diberikan reward seperti kenaikan pangkat atau bisa sekolah,” pesan Asman kepada Kapolda Lampung.

Sementara itu Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan di akun Facebook-nya memberikan apresiasi dengan menuliskan, Inovasi Polda Lampung membuat Aplikasi “SOS Polda Lampung” yakni salah satu aplikasi dalam pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi melaui ponsel pintar Android SmartPhohe. “Saya yakin dengan aplikasi ini, tingkat kejahatan di Lampung berkurang,” tulis Zainudin. (*)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org