Dibuka Wagub DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, Rapat Apkasi Korwil DIY Berjalan Lancar

Apkasi.org. Rapat pengurus Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Korwil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terdiri dari 4 kabupaten, Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunung Kidul berlangsung dengan lancar di Kantor Sekretariat Apkasi, di Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta, Kamis (1/9/16).

Rakorwil DIY di Jakarta_1 September 2016 (4)

(Tampak Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X (sebelah kiri) menerima tanda mata dari Pengurus Apkasi Korwil DIY Drs H. Suharsono (Bupati Bantul) usai membuka kegiatan Rakor Apkasi Korwil DIY di Kantor Sekretariat Apkasi di Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta, (1/9/16). Foto: Humas Apkasi)

Dalam sambutannya Pengurus Apkasi Korwil DIY Drs H. Suharsono (Bupati Bantul) menjelaskan kenapa Rapat Korwil dilakukan di Jakarta tak lain untuk sekalian memperkenalkan kepada para bupati dan jajarannya Kantor Sekretariat Apkasi Pusat, sekaligus memperkenalkan Kantor Apkasi sebagai kantor advokasi, kantor mediasi serta kantor fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat di seluruh Indonesia. Bupati Bantul juga melaporkan bahwa selaku Korwil mendapat tugas yang pertama adalah mewakili Pengurus Pusat di Jakarta dalam setiap kegiatan di wilayah, kedua mendorong dan memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka mengembangkan diri di bidang, sosial, budaya, ekonomi, promosi pariwisata sesuai kebutuhan di daerah, serta melakukan pertukaran ide dan pengalaman best practices, dan yang keempat menghidupkan kegiatan Apkasi di wilayah Korwil DIY.

“Kami informasikan pula bahwa Korwil DIY saat ini sudah memiliki Kantor Sekretariat Korwil DIY yang berada di Bantul, kondisi 90% sudah siap tinggal merapikan saja, sehingga ke depan tempat ini bisa dilakukan untuk melakukan koordinasi antar pemkab di wilayah DIY,” imbuh Suharsono sembari menambahkan bahwa adanya Korwil ini untuk menyamakan persepsi di antara anggota serta mempererat tali silaturahim antar pemkab. .

Prof Ryaas Rashid dalam sambutannya mewakil Pengurus Apkasi Pusat menjelaskan bahwa dalam periode kepengurusan yang baru ini memang diharapkan rapat di tingkat koordinator regional dan wilayah lebih diintensifkan sehingga kalau ada persoalan di daerah bisa lebih cepat diselesaikan, dan baru kalau tidak tuntas bisa diangkat ke tingkat pusat. “Namun begitu, kami membuka diri bagi seluruh bupati maupun pemerintah kabupaten baik dalam rangka kegiatan internal Apkasi maupun kedinasan lainnya untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di kantor sekretariat Apkasi di Jakarta ini. Jadi setiap saat bupati ada kegiatan apa saja, atau menerima tamu di Jakarta, tidak perlu sewa tempat di hotel, cukup manfaatkan kantor Apkasi ini saja,” ajak Prof Ryaas.

Sementara itu mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang berhalangan hadir, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X membacakan sambutan tertulis. Dalam sambutannya tersebut Gubernur DIY mengajak dan mengingatkan, pertama bahwa pemda perlu meningkatkan kepekaan diri dan tanggap terhadap aspirasi di masyarakat, dalam arti pemda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya serta mau mendengarkan apa yang menjadi kemauannya. Yang kedua, pemda bisa dan mau melibatkan semua kemauan dan kemampuan masyarakat di daerah masing-masing dalam melaksanakan pembangunan dengan kata lain bahwa pemda harus menempatkan rakyat sebagai subyek pembangunan, bukan hanya sebagai obyek pembangunan.

Oleh karena itu, tulis Gubernur DIY, selain melibatkan peran masyarakat, pembangunan juga memerlukan strategi yang tepat, agar efisien dari sisi pembiayaan dan efektif dari sisi hasil. Pemilihan strategi pembangunan ini penting karena akan menentukan posisi di mana pemerintah dan di mana posisi masyarakat, sehingga kedua belah pihak mampu berperan optimal. Terkait dengan hal tersebut, gubernur selaku wakil dari pemerintah pusat dalam hal pembinaan, pengawasan dan melakukan koordinasi serta menyelaraskan kegiatan pembangunan di daerah. Hal ini penting untuk kita cermati karena akan dapat mengurangi ketimpangan yang mungkin terjadi.

Hubungan antara gubernur dengan bupati bersifat bertingkat di mana gubernur dapat berperan dalam
pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah, sebaliknya bupati dapat melaporkan setiap permasalahan di dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk dalam hubungan antar kabupaten, di samping itu penguatan peran gubernur selaku kepala daerah akan dapat memperkuat orientasi pengembangan wilayah dan memperkecil dampak kebijakan desentralisasi terhadap fragmentasi sparsial, sosial dan ekonomi di daerah.

Selain itu dalam sambutannya Gubernur DIY, melihat banyak produk hukum daerah yang dibatalkan oleh pemerintah pusat baik peraturan daerah maupun peraturan kepala daerah yang dibatalkan oleh pemerintah pusat, sehingga perlu komunikasi dan koordinasi antar pemerintah dari provinsi dengan kabupaten sesuai dengan fungsinya masing-masing, di mana provinsi berfungsi sebagai pusat koordinasi, supervisi dan pembinaan di masing-masing frase kebijakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dan harus dilakukan dengan koordinasi dan komunikasi secara harmonis dan dengan sebaik-baiknya, sehingga produk hukum akan sesuai dengan kepentingan kabupaten yang bersangkutan, namun juga dapat bersinergi dengan kabupaten lainnya serta pemerintahan di atasnya.

Masih dalam sambutannya, Gubernur DIY juga menyoroti berlakunya UU No.6/ 2014 tentang Desa yang diharapkan akan dapat menciptakan pemerintahan desa yang bertanggungjawab, terbuka dan akuntabel, dapat mewujudkan kemandirian, dapat mengembangkan dan melaksanakan wewenang yang dimiliki guna muwujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan indikator pembangunan dalam aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, pemerintahan, serta kelembagaan kemasyarakatan.

Setelah membacakan sambutan tertulis dari Gubernur DIY, Wagub DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X dengan mengucapkan Bismilahirrahmanirrahiim dengan harapan dan do’a agar semua langkah kita diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, Rapat Korwil DIY secara resmi dinyatakan dibuka. (*)

 

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org