Di Pertemuan Korwil Jambi, Gubernur Jambi Al Haris Ajak Bupati Bersatu Bangun Daerah Maju Bersama

Kerinci, Apkasi.org. Gubernur Jambi Al Haris memberikan apresiasi kepada Apkasi yang memfasilitasi kepala daerah se-Jambi duduk Bersama dalam kegiatan rapat koordinasi dan silaturahmi yang berlangsung di Kabupaten Kerinci, Minggu (27/03/2022).

Al Haris dalam kesempatan tersebut mengatakan, Apkasi telah hadir bersama pemerintah seiring otonomi daerah dan banyak berbuat untuk kemajuan kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia. Al Haris juga juga Anggota Dewan Pembina Apkasi mengatakan, ‘’Bupati itu harus bersatu, tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Kalau bupati bersatupadu dan saling mengasihi, saling belajar serta saling mengingatkan, akan banyak sekali yang didapat antar anggota Apkasi ini.’

Al Haris memberikan contoh, bila ada teman-teman bupati yang daerahnya sudah maju lebih dulu, bupati lainnya yang daerahnya masih lemah bisa belajar dari kemajuan yang diraih bupati tersebut. “Tidak hanya satu arah, tapi juga saling mengisi satu sama lainnya,” imbuhnya.

Pemerintah pusat lanjut H Al Haris, saat ini sedang menggalakkan nilai-nilai kearifan lokal dari masing-masing daerah. Menurutnya, kearifan lokal ini menjadi penting untuk dijadikan momentum kebangkitan daerah seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sudah mulai membaik. ‘’Pemerintah Pusat berharap, ada semangat dari para pelaku UMKM dan dengan geliat UMKM ini, akan mempercepat perbaikan ekonomi kerakyatan yang sempat terpuruk karena pandemic Covid-19,’’ terangnya.

Sementara itu Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan kepada awak media memberikan apresiasinya kepada Bupati Kerinci, Adirozal. Apresiasi ini atas susksesnya gelaran Apkasi di Provinsi Jambi, di mana Kerinci sebagai tuan rumahnya.

 

“Dalam hal ini kami mengucapkan terima kasih pada tuan rumah Bupati Kerinci sebagai Korwil Apkasi Jambi,” ujarnya Bupati Dharmasraya ini samabil mengatakan kegiatan ini merupakan pertemuan untuk memperkuat hubungan antar Kepala Daerah, untuk membahas melihat pertumbuhan ekonomi, mendorong UMKM yang ada di masing-masing Daerah.

“Seperti di Kerinci, itu adalah hasil karya UMKM Kerinci, maka kita tolong pak Bupati, untuk dorong untuk Ekspor. Seperti tadi kita telah disuguhkan minuman khas Kerinci, maka nanti kita akan coba dorong baik makanan khas maupun wisata, akan kita populerkan dan bahkan nanti akan kita ekspos di Rakernas Apkasi nanti,” tegasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini di antaranya, Bupati Batanghari Fadil Arif, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Tebo Sukandar, Bupati Sarolangun Cek Endra, Bupati Tanjabtim Rommy Hariyanto dan sejumlah wakil bupati se-Provinsi Jambi serta Sekda Kerinci Zainal Abidin dan unsur Forkopimda.

Pertemuan ini dilakukan selain silaturahmi menjelang puasa bersama para bupati juga silaturahmi dengan tiga kepala daerah yang akan habis masa jabatannya selain itu juga membahas isu strategis yang ada di Provinsi Jambi. Ini merupakan pertemuan pertama kalinya Apkasi di Kabupaten Kerinci, dengan harapan ke depannya akan terus berlanjut dan bergilir di setiap daerah.

 

 

 

Bupati Kerinci Adirozal saat diwawancarai mengatakan, bahwa Kabupaten Kerinci dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Apkasi berupa pertemuan silaturahmi dengan para Bupati se-Provinsi Jambi.  “Alhamdulillah, silaturahmi kita berjalan baik, bahkan saking antusiasnya peserta Apkasi ada yang datang dua hari sebelum kegiatan,” Adirozal.

Adirozal juga mengatakan, dalam pertemuan Apkasi ini, yang menjadi pembahasan adalah tentang UMKM, serta mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Kerinci. “Kita juga perkenalkan hasil UMKM seperti Dodol, Kentang, Kopi dan Kulit Manis, serta kita perkenalkan juga BUMDes yang ada di Kabupaten Kerinci, serta objek-obyek wisata agar destinasi di Kabupaten Kerinci lebih dikenal masyarakat,” imbuhnya.

Bupati Kerinci Adirozal, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan Apkasi ini. “Kehadiran Gubernur Jambi menjadi bukti bentuk terjalinnya hubungan harmonis pemerintah daerah dengan dengan pemerintah provinsi, semoga dengan adanya pertemuan silaturahmi ini memperkuat hubungan antar daerah,” tukas Bupati Adirozal. Di akhir acara para peserta diajak manicng bersama. (*/Berbagai sumber)

About Humas 671 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org