Apkasi Tegaskan Komitmen Dukung Guru-guru di Samosir Trampil di Media Digital

Samosir, Apkasi.org. Dalam kegiatan safari webinar pendidikan nasional yang diselenggarakan Apkasi kali ini menyambangi guru-guru di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayan Apkasi, Ir. H. Zahir M.AP memberikan sambutan dengan menekankan komitmen Apkasi dalam mendukung Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global.

Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama Apkasi dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan Sahabat Guru berlangsung secara virtual, Rabu (08/09/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Zahir mengajak Pemerintah Kabupaten Samosir untuk dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Apkasi khususnya di bidang pendidikan untuk saling bertukar pengalaman, saling bekerjasama memajukan bangsa kita.

“Kami juga mengajak seluruh stake holder yang terkait di Kabupaten Samosir untuk berpartisipasi dalam mengendalikan penyebaran virus Covid-19, karena varian-varian baru virus Corona ini terus berubah dan bertambah dan diyakini lebih berbahaya dibanding dengan virus Corona yang tengah melanda negeri ini. Kita harus mulai berkompromi dan bisa hidup berdampingan dengan virus Corona karena wabah ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Namun kabar baiknya, bahwa wabah ini bisa dikendalikan dengan menerapkan 5M, yakni menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, menunda mobilitas yang tidak perlu dan melakukan vaksinasi sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Terkait dengan webinar pendidikan yang diselenggarakan, Zahir menggarisbawahi dalam menghadapi tantangan di era digital seperti sekarang ini para tenaga pendidik tidak hanya dituntut menguasai teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Dalam konteks dunia pendidikan, guru sebagai komponen utamanya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital.

Guru, imbuh Zahir, harus mempunyai mindset terbuka terhadap pemanfaatan platform pendidikan yang disesuiakan dengan situasi pendidikan jarak jauh, mengusai teknik-teknik mengajar yang baru. Di tengah situasi penuh pembatasan-pembatasan seperti sekarang ini, tantangan guru adalah tetap harus mampu menghasilkan lulusan-lulusan sumber daya manusia yang andal yang bisa menyelesaikan masalah-masalah kompleks di masyarakat, berfikir kritis dan analisis serta memiliki karakter yang mulia.

Zahir menegaskan Apkasi yang merupakan mitra strategis pemerintah pusat dengan jaringan di 416 pemerintah kabupaten di seluruh tanah air berkomitmen dan konsisten untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi digital. “Selama 10 tahun terakhir, Apkasi bersama Yayasan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik an di 180 derah di Indonesia. Kami yakin dengan sinergi berbagai pihak, langkah ini akan mampu mempercepat pemerataan pendidikan di tanah air,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Samosir, Jabiat Sagala yang mewakili Bupati Samosir Vandiko T. Gultom karena berhalangan hadir memberikan sambutan dan arahan kepada para Guru se-Kabupaten Samosir serta memaparkan visi misi Pemkab Samosir adalah mewujudkan masyarakat Samsosir yang sejahtera dan bermartabat baik secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Bermartabat secara ekonomi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki saat ini yakni memprioritas dari sektor pertanian dan pariwisata, kemudian dari sektor kesehatan kita siap mendukung upaya dari pemerintah di bidang kesehatan dan terakhir dari sisi pendidikan tentu saja apa yang sedang kita lakukan bersama melalui kegiatan webinar kali ini sangat relevan dengan kebutuhan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Samosir,” tambahnya.

Dalam webinar pendidikan di Kabupaten Samosir ini menghadirkan dua narasumber yakni, Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc dan Yogo Dwi Prasetyo, M.Pd, M.Sc. Ariyadi Wijaya yang merupakan Pakar Strategi Pembelajaran Matematika UNY dan Reviewer Framework AKM membawakan paparan dengan topik Platform Media Pembelajaran Numerasi. Sedangkan Yogo Dwi Prasetyo, Dosen Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kimia UII memaparkan topik Platform Media Pembelajaran Natural Science. (*)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org