Tour de Linggarjati di Kabupaten Kuningan, Kiat Gelar Sport Tourism Untuk Gaet Wisatawan

Suksesnya perhelatan Tour de Linggarjati (TdL) di di Pendopo Kuningan, Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Objek Wisata Waduk Darma, dan Pandapa Paramarta, Kuningan, Jawa Barat, patut mendapatkan apresiasi. Penyelenggaraan even wisata olahraga (sport tourism) berskala internasional yang ke-2 kali dan berlangsung di Kabupaten Kuningan, Jabar pada 28-30 Oktober silam.

tour-de-linggarjati-2016

(Sumber: Kemenpar)

TdL merupakan upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan serta memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi, sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mewujudkan target tahun ini 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara menyampaikan bahwa penyelenggaraan TdL menjadi momen yang baik untuk mempromosikan Pariwisata di Jawa Barat, khususnya Kuningan. Melalui even olahraga ini, para peserta tidak hanya diajak untuk bersepeda tapi juga menikmati keindahan alam dan keragamn budaya di lokasi-lokasi yang mereka lalui.

“Penyelenggaraan even sport tourism seperti ini efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economi. Dari penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp 4,2 miliar,” kata Ukus.

Hal senada diungkapkan Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang mengatakan, penyelenggaraan TdL 2016 mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus. Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, daerahnya siap memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta balap sepeda. Selain untuk pariwisata diharapkan kegiatan ini akan menambah dan membuka pasar investasi. “Kegiatan ini, kita harapkan memberikan peluang untuk investasi dan memajukan wisata di Kuningan,” kata Acep.

Acep menambahkan, penyelenggaraan TdL 2016 diharapkan dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus. “Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring lebih banyak lagi wisman ASEAN khususnya dari Malaysia. Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga sebagai upaya `revolusi mental’ pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70,” papar Acep. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org