Terbatas dan Sederhana, Warnai Perayaan HUT ke-523 Kabupaten Kuningan

Kuningan, Apkasi.org. Pandemi Covid -19 belum berakhir hingga hari ini. Sudah dua tahun berturut – turut perayaan Hari Jadi Kuningan dilakukan dengan sangat terbatas dan sederhana. Seperti halnya Hari Jadi Kuningan ke 523 tahun ini yang diselenggarakan hari ini  Rabu (1/9/2021), yang diawali dengan  Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan.

(Foto: IG @ruzhanul)

Meski sangat terbatas, tidak mengurangi kehidmatan dan rasa syukur yang telah dilalui dan diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan di Hari Jadi Kuningan ke 523, khususnya dalam penanganan Covid -19, pemulihan Pasca Covid -19 serta pembangunan di Kabupaten Kuningan, demi tercapainya Kuningan Maju.

Rangkaian kegiatan acara peringatan Hari Jadi Kuningan ini, dibuka dengan penyampaian Sejarah Kabupaten Kuningan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, MSi. Tampak hadir Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang dalam moment Hari Jadi Kuningan menyampaikan harapan semoga Visi Misi Kabupaten Kuningan tercapai, sehingga masyarakat bisa menikmati apa yang menjadi kebijakan dan kebijaksanaan pemerintah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Kuningan tersebut dihadiri Bupati Kuningan Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy dan Tokoh Kuningan Aang Hamid Suganda beserta undangan lainnya. Sementara sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengikuti kegiatan tersebut secara daring.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jabar, mengucapkan selamat kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah bisa membawa Kabupaten Kuningan dengan segudang prestasinya,” ujar Uu dalam sambutannya di Rapat Paripurna Hari Jadi Kuningan.

(Foto: IG @ruzhanul)

“Dalam HUT ke-523 Kuningan ini, semoga segala visi misinya bisa segera tercapai. Kami tahu bahwa Kabupaten Kuningan saat ini maju begitu hebat, penghargaan yang diraih pun begitu banyak,” tambahnya.

Ia mengatakan, jika Kabupaten Kuningan mengalami kemajuan maka akan juga membawa Provinsi Jabar ikut hebat dan maju. “Karena di dalam Jabar ada Kabupaten Kuningan, untuk keselarasan ini maka visi misi Kuningan semoga bisa linier dengan visi misi Jabar,” kata Uu.

Dalam visi dan misi Jabar pihaknya menekankan satu keseimbangan antara lahir dan batin. Visi misi Jabar adalah Juara Lahir dan Batin. Di situ, lanjut Uu, ada keselarasan upaya antara pembangunan duniawi dan pembangunan akhlak masyarakat yang paripurna.

“Makanya dalam program pembangunan selain memperjuangkan harapan masyarakat secara dunia, namun jangan lupakan untuk pemberdayaan masyarakat terutama peningkatan iman dan takwa,” ujarnya.

Tanpa ada keridhaan Tuhan YME, menurutnya segala pembangunan fisik yang dilakukan tidak akan berdampak apa-apa. “Selain itu, untuk mengejar kemajuan teknologi yang semakin pesat, pemerintah harus mampu meningkatkan inovasi mewujudkan era digitalisasi,” terangnya.

Ia berpendapat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digitalisasi saat ini, pemerintah jangan kalah dengan pihak swasta. “Intinya adalah adanya kebersamaan semua lini pemerintahan, mari kita bersinergi bersama karena itu yang dituntut saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu sebagai rasa syukur atas peringatan HUT Kabupaten Kuningan, Bupati Kuningan Acep Purnama membagikan status melalui akun IG-nya. “Wilujeng Milangkala Kuningan nu ka lima ratus dua puluh tilu. Hayu guyub keur ngawangun, ngawujudkeun Kuningan nu MAJU, Makmur, Agamis tur Pinunjul,” tulisnya. (*/Sumber: RMOLJabar.ID)

About Humas 593 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org