Status Dharmasraya Berubah dari Kabupaten Berkembang Jadi Maju

Dharmasraya, Apkasi.org. Kemajuan di Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, mulai terlihat. Pemkab Dharmasraya berhasil meningkatkan status kabupaten berkembang menjadi kabupaten maju sesuai klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

Atas prestasi tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyerahkan penghargaan yang diterima Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang diwakilkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dharmasraya, Hasto Kuncoro, di Padang, Selasa (21/12). “Alhamdulillah, usaha terus menerus dan dukungan penuh dari Pak Bupati kita dapat meningkatkan Indeks Desa Membangun dari berkembang menjadi maju”, ucap Hasto ketika dihubungi, Rabu (22/12).

Lebih lanjut, keberhasilan ini, kata Hasto, tidak terlepas dari komitmen Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk mengerahkan semua potensi dan dukungan untuk memajukan 52 nagari di Kabupaten Dharmasraya. Dukungan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (Apkasi) tersebut lanjut Hasto, diwujudkan melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan OPD dalam rangka mendukung pencapaian indeks yang ditetapkan Kemendes PDTT.

Atas dukungan dukungan itu membuat nagari di Kabupaten Dharmasraya memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

Indeks Desa Membangun adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk mengukur kemandirian suatu desa melalui analisis dan nilai komposit seluruh nilai scoring masing-masing indikator terpilih. Hal itu berdasarkan konsep kebijakan pembangunan yang ditetapkan serta otoritas kewenangan, tugas dan fungsi Kemendes PDTT. (*)

About Humas 672 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org