Seru! Ada Lomba Arum Jeram di Festival Pesona Geopark Nasional Merangin 2017

Acara tahunan Festival Pesona Geopark Nasional Merangin telah dibuka oleh Wakil Gubernur Propinsi Jambi H.Fachrori Umar sejak Senin (11/9/2017), bertempat di Taman Batu, Dusun Mudo, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin. Hadir dalam acara pembukaan perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, yang diwakili Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Tasbir, Bupati Merangin Al Haris, Wabup Khafeid Moein, Sekda Sibawaihi, para Bupati dan Wali Kota Se-Propinsi Jambi, Kepala OPD, unsur Forkompimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan.

(Foto: JambiCenter.com)

Dalam sambutannya Wagub H.Fachrori Umar menyampaikan dengan adanya Festival Pesona Geopark Nasional Merangin 2017 diharapkan semua potensi wisata alam di Merangin agar dikembangkan dengan baik, sehingga diharapkan Kabupaten Merangin menjadi daerah tujuan wisata utama di Propinsi Jambi.

“Kabupaten Merangin  banyak memiliki potensi wisata yang baik dan  sangat indah. Semua potensi wisata alam apabila dikembangkan dengan baik, akan membuat Kabupaten Merangin menjadi daerah tujuan wisata utama di Propinsi Jambi,”ujar Fachrori Umar.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia,Tasbir kepada wartawan menyampaikan dirinya sangat  kagum dengan potensi wisata Kabupaten Merangin selain banyak jumlahnya juga sangat indah  dan baik, dimana salah satunya Geopark Merangin.

“Bila semua daerah pariwisatanya dapat berkembang dengan baik, pasti perekonomian masyarakatnya akan berdampak lebik baik lagi,”ujar Tasbir.

Festival Pesona Geopark Nasional Merangin 2017 digelar selama 4 (empat) hari,  dengan menggelar berbagai macam kegiatan  diantaranya, Perkemahan Jurnalistik, Fun Raffting Air Batu ke Teluk Wang, Diskusi Tentang Pengembangan Geopark Nasional Merangin, Lomba Arung Jeram, Penamplian Seni dan Budaya yang ada di Propinsi Jambi  serta  acara lainnya.

Bupati Merangin Buka Arung Jeram Festival Geopark

Bupati Merangin Provinsi Jambi Al Haris membuka lomba arung jeram dalam rangkaian Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) Jambi 2017 di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap, kabupaten setempat, Selasa (12/9/17). “Arung jeram sudah masuk cabang olahraga yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional,” kata Al Haris.

Lomba arung jeram itu sudah masuk dalam agenda nasional yang terjadwal dalam kalender kegiatan tahunan. Peserta lomba arung jeram dalam rangkain Festival Geopark itu diikuti tiga kabupaten yakni Kabupaten Merangin, Bungo dan Sarolangun. Menurut Al Haris, kegiatan yang telah dilakukan sangat positif, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan dalam pelaksanaannya.

(Foto: FokusJambi.com)

Di kesempatan itu, bupati bersama wabup, Ketua DPRD Merangin dan Kajari Merangin ikut rafting menyelusuri Sungai Batang Merangin sambil menikmati indahnya fosil-fosil Geopark Merangin. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi mengatakan sudah seharusnya keberadaan Geopark Merangin yang sudah terkenal diperkaya dengan berbagai kegiatan besar seperti arung jeram.

“Lomba arung jeram hendaknya diikuti peserta dari perbagai penjuru Nusantara. Jadi sambil rafting peserta bisa menikmati fosil-fosil geopark di sepanjang sungai yang dilewati yang berusia di atas 300 juta tahun,” kata Ujang. Festival Pesona Geopark Nasional Merangin yang diselenggarakan 11-14 September ini juga sebagai upaya memperkenalkan objek wisata taman bumi itu lebih dekat kepada masyarakat dan wisatawan.

Even pariwisata yang baru digelar tahun ini akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Merangin setiap bulan September. Festival ini dilakukan juga sebagai upaya Geopark Merangin mendapat pengakuan dunia (Unesco). Festival Pesona Geopark Merangin Jambi diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba. Diantaranya arung jeram, perkemahan jurnalistik, pameran, bazar, seni pertunjukan seperti Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam, Tari Lukah Golo dan sejumlah tari khas Merangin lainnya. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org