Serius Garap Sektor Perikanan, Pemkab Pakpak Bharat Optimis Bisa Dongkrak PAD

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat serius dalam upaya mengembangkan sektor perikanan, sebagai salah satu alternatif pengembangan ekonomi masyarakat di Pakpak Bharat yang cukup potensial. Hal ini ditunjukkan Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu saat mengunjungi BBI (Balai Benih Ikan) Cikaok di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Senin petang (20/2/2017).

(Sumber Berita/Foto: Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

Bupati Remigo mengatakan bahwa sektor perikanan ini cukup potensial dan berpeluang besar untuk dikembangkan. Ia menambahkan, “Saat ini mungkin masih dalam tahap pengembangan, tapi diprediksi mulai tahun ini hingga ke depan, sektor perikanan bisa diharapkan jadi salah satu unggulan di Kabupaten ini, dan  BBI Cikaok menjadi pilar utamanya.”

Bersama Sekretaris Daerah, Sahat Banurea, Inspektur Kabupaten, Budianta Pinem, dan Kepala Bagian Humas Setda, Kastro Manik, Bupati Remigo mengamati perkembangan benih ikan dan terlihat kondisi yang begitu menggembirakan. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Ka Dinas Pertanian Sunardi, mengatakan, “Kami juga sudah menjajaki peluang pasar di luar daerah dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi untuk pemasarannya.”

Keseriusan Pemkab Pakpak Bharat dalam mengelola balai benih ini ditunjukkan melalui pembangunan infrastruktur kolam yang terlihat modern dan menggunakan teknologi inovatif, serta menghadirkan tenaga ahli yang direkomendasikan dari Kementerian agar hasilnya optimal. Taufiq, tenaga ahli dari pusat tersebut memaparkan, dalam tahap awal bibit ikan yang siap jual berjumlah ratusan ribu ekor perhari. “Jika terus dilakukan pengembangan dan penambahan kolam-kolam baru, BBI Cikaok dapat menghasilkan jutaan benih ikan setiap harinya dan siap dipasarkan,” jelasnya sambil menambahkan BBI Cikaok sangat potensial dengan tersedianya kualitas air tawar yang termasuk salah satu terbaik di Indonesia dan sangat cocok untuk peternakan ikan terutama jenis Ikan Mas dan Ikan Koi.

Atas penjelasan potensi BBI Cikaok ini, Bupati Remigo mengaku optimisme bisa mendongkrak peningkatan asli daerah yang berasal dari tumbuhnya wirausaha dari sektor perikanan. “Dukungan juga telah disiapkan melalui permodalan yang disediakan Pemkab sehingga masyarakat semakin terbuka peluangnya untuk meningkatkan perekonomian dari sektor perikanan. Saya juga telah membuka inspirasi  dan kreativitas dari desa-desa di Pakpak Bharat untuk menjadikan hal ini sebagai salah satu peluang berusaha melalui Badan Usaha Milik Desa,” imbuh Bupati Remigo. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org