Peringati Hari Jadi Kabupaten Boyolali ke-169, Masyarakat Antusias Ikuti Napak Tilas Refleksi Perjalanan Ki Ageng Pandan Arang

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Boyolali ke-169, digelar napak tilas cikal bakal Boyolali. Event ini digelar di Kali Gede, Kridanggo, dalam bentuk teaterikal oleh Kelompok Institute Ketholeng, Jumat (3/6) malam tadi.

Napak-tilas-Ki-Ageng-Pandan-Arang-cikal-bakal-Boyolali-di-Kali-Gede-Kridanggo-Kota

(Berita/Foto: Timlonet. Tampak Salah satu adegan napak tilas Ki Ageng Pandan Arang, cikal bakal Boyolali di Kali Gede) 

Antusias warga yang melihat napak tilas Ki Ageng Pandan Arang sangat besar, terbukti mereka rela melihat di sepanjang pinggir Kali Gede. Napak tilas ini setiap tahun selalu digelar menjelang hari jadi Kabupaten Boyolali.

Napak tilas cikal bakal Boyolali, berawal dari perjalanan Ki Ageng Pandan Arang, Bupati Semarang Abad XVI, yang mendapat tugas dari Sunan Kalijaga. Ki Ageng Pandan Arang ini diminta melakukan syiar Agama Islam di Gunung Jabalkat, Tembayat, Klaten. Saat perjalanan sampai di Kali Gede (sekarang Kampung Sumber Lerak, Siswodipuran, Boyolali) Ki Ageng beristirahat di atas batu sambil menunggu istri dan anaknya yang ketinggalan jauh.

Baya wis lali wong iki (apa sudah lupa orang ini),” ucap Ki Ageng Pandan Arang.

Dari kata Baya wis lali itulah menjadi nama Boyolali dan terkenal hingga sekarang. Selain teaterikal yang mengisahkan perjalanan Ki Ageng Pandan Arang, juga diselipi keberhasilan pembangunan Boyolali. Mulai dari keberhasilan dalam bidang pendidikan hingga pro investasi.

“Harapan kita masyarakat Boyolali jangan sampai melupakan sejarah,” kata Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org