Mantab! Kabupaten Bantaeng Kini Punya Sekolah Mekanik Toyota Standar Internasional

Pemerintah Kabupaten Bantaeng bekerjasama dengan Toyota Ehime Jepang mendirikan sekolah mekanik Toyota berstandar Internasional, di Pajjukukkang, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Rabu (20/7/2016). Lulusannya pun bisa langsung diterima di Toyota.

Sekolah Mekanik Toyota_Bantaeng

(Berita/Foto: Detik)

Peresmian sekolah mekanika Toyota ini dilaksanakan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Prefecture Ehime Toyota Motor Corporation Jepang Mr J Toshifumi, Direktur Ehime Toyota Mr. Hidekazu Futagami, yang turut disaksikan Dirut Toyota Kalla Makassar Fatimah Kalla dan pimpinan Japan International Corporate Agency (JICA) Indonesia Mr. Masatushi Takahashi.

Menurut Nurdin, Sekolah Mekanik Toyota di Bantaeng nantinya akan menghasilkan mekanik otomotif andal berstandar internasional, yang nantinya akan langsung diterima di Toyota. Untuk tahap pertama, sekolah mekanik Toyota yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Bantaeng ini menerima 16 siswa yang disaring dari ratusan pendaftar dan akan dilatih khusus selama 2 tahun oleh tenaga pengajar bersertifikat dari Toyota Ehime Jepang.

jajaran direksi toyoya ehime

(Fofo: IG: Nurdin.Abdullah. Tampak jajaran direksi Toyota Ehime yang ikut meresmikan pelatihan Toyota Mechanical Enginering diterima Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah)

“Sekolah mekanik yang dirancang sejak 3 tahun lalu ini akan menjawab kebutuhan tenaga mekanik Toyota, sekaligus upaya untuk mengembalikan kejayaan Bantaeng di bidang pendidikan,” ujar Bupati bergelar Guru Besar Ilmu Kehutanan ini.

Sementara menurut Dirut Toyota Kalla, Fatimah Kalla, pusat pelatihan tenaga mekanik Toyota ini akan menopang penjualan kendaraan Toyota di wilayah Sulsel yang makin meningkat.

“Peserta didik di sekolah mekanik Toyota ini akan melakukan latihan praktek di Toyota Kalla, serta lulusannya akan diterima di bengkel Toyota Kalla yang berjumlah 21 unit dan unit-unit bengkel Toyota lainnya,” ujar adik kandung Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla ini.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI Abdul Wahab Bangkona mengatakan bahwa keberadaan sekolah mekanik yang berada di bawah naungan BLK Bantaeng ini turut berkontribusi meningkatkan SDM nasional yang unggul dan siap berkompetisi di era MEA.

Dalam peresmian sekolah mekanik Toyota ini juga turut dirangkaikan penyerahan 53 unit mobil ambulance, mobil pengangkut sampah dan mobil pemadam kebakaran hibah dari Ehime Toyota Jepang pada 8 Pemerintah Kabupaten, yakni Bantaeng, Jeneponto, Pinrang, Enrekang, Gorontalo Utara, Palopo, Gunung Sitoli dan Palangkaraya. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org