Kuker Dari Swedia, Bupati Pelalawan dan Bupati Bantaeng Siap Implementasikan Tecno Park

Techno Park Kabupaten Pelalawan

Pembangunan Science Technology Park (Techno Park) merupakan bagian dari program Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan pembangunan ekonomi melalui ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Pembangunan kawasan Techno Park ini memiliki fungsi sebagai Center of Excellence, yaitu terbentuknya kerjasama antara dunia usaha, pemerintah dan perguruan tinggi, untuk memperkuat daya saing industri nasional.

bppt_PELALAWAN

(Berita/Foto: BPPT)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendapat mandat untuk melakukan pendampingan terhadap sembilan Science Techno Park Di Indonesia. Kepala BPPT Unggul Priyanto menuturkan bahwa adanya Techno Park dapat meningkatkan kegiatan ekonomi suatu daerah. “BPPT dalam hal ini memberikan pendampingan teknis serta tata cara pengelolaan potensi daerah,” ungkapnya dalam Kunjungan Kerja ke Kabupaten Pelalawan yang merupakan salah satu Techno Park yang didampingi BPPT.

Kepala BPPT kemudian menyebut Pangkalan Kerinci sebagai ibukota Kabupaten Pelalawan, terus berkembang pesat dengan adanya berbagai macam industri olahan berteknologi canggih. “BPPT akan terus mensupport dan memberikan rekomendasi ke Pemkab Pelalawan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Kepala BPPT beserta rombongan meninjau kawasan Techno Park yang juga didampingi Bupati Pelalawan HM. Harris. Tempat pertama yang dikunjungi adalah tempat pembibitan Kelapa Sawit, kemudian hutan alam yang merupakan jalan masuk ke kawasan Techno Park, dan terakhir pembangunan kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P).

Kepala BPPT dan rombongan juga mengunjungi RGE Technology Center (RTC) di kawasan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). RTC ini merupakan pusat riset pengembangan eukaliptus dan akasia terbesar dan terlengkap yang dikembangkan RAPP.

Pada kesempatan ini Unggul mengatakan agar RTC dapat bekerjasama dengan lembaga riset di Indonesia guna perkembangan ilmu pengetahuan. “Saya ingin fasilitas seperti RTC ini berkolaborasi dengan pemerintah. Agar pembangunan potensi lokal juga meningkat,” ujarnya.

Selanjutnya: Techno Park Kabupaten Bantaeng

About Humas 550 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org