Kisah RW 12 Kelurahan Cibinong Yang Menginpirasi Kampanye GRK

Bogor, Apkasi.org. Mengunjungi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang berada di RW 12 Kelurahan Cibinong menjadi pengalaman menyenangkan bagi para peserta City/Regency to Province Dialogue yang digagas oleh Yayasan ICLEI – Local Governments for Indonesia bekerjasama dengan Apeksi dan Pemerintah Kabupaten Bogor. RW 12 dipilih sebagai site visit karena memang memiliki cerita yang menginspirasi dalam upayanya ikut ambil peran dalam kampanya global penurunan Gas Rumah Kaca (GRK).

(Rombongan City/Regency to Province Dialogue melihat suasana asri di RW 12 Kelurahan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (15/11/2018) yang berhasil mengajak warganya peduli lingkungan dengan memanfaatkan lahan kosong dengan menanam aneka herbal. Foto: Pengelola Lingkungan RW12, Kelurahan Cibinong-Bogor)

Menurut Suhadi, Ketua RW 12 menjelaskan bahwa wilayahnya terpilih sebagai Best of The Best Program Cibinong Green and Clean (CGC) dan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pelestarian lingkungan. Yang menarik untuk ditiru dari RW 12 ini mampu menghidupkan bank sampah dengan keterlibatan aktif dari 350 KK yang ada di wilayahnya.

“Pencapaian dari kampanye bank sampah ini, kami buktikan dengan sumbangan donasi sebesar Rp.7 juta yang didapat dari penjualan sampah masyarakat. Uang tersebut kemudian kami salurkan melalui DLH Kabupaten Bogor untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Donggala,” tutur Suhadi.

Dr Ir Syarifah Sofiah M.Si, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor dalam kesempatan audiensi dengan peserta City/Regency to Province Dialogue menekankan bahwa sesuai dengan arahan Bupati Bogor Nurhayati yang tak lelah mengajak kepada masyarakat di Kabupaten Bogor untuk terus terlibat aktif dalam memelihara, menjaga dan mengolah lingkungan dan alam bukan hanya diambil hasilnya saja, tapi perlu langkah-langkah konservasi dalam menjaga keseimbangan dengan alam.

Sebelumnya dalam kesempatan audiensi tersebut, Gina Karina selaku Country Manager ICLEI menyampaikan hasil rekomendasi kegiatan City/Regency to Province Dialogue yang diselenggarakan sehari sebelumnya dengan diikuti oleh delegasi pemerintah kota dan pemerintah kabupaten serta wakil dari asosiasi dan lembaga NGO terkait dengan pelaksanaan program Urban Low Emission Development Strategy (Urban-LEDS) fase II yang akan berlangsung hingga tahun 2021. (*)

About Humas 473 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org