Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kementan Sepakat Kembangkan Taman Teknologi Pertanian Geragai

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sebagai badan riset Kementerian Pertanian RI dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sepakat mengembangkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Geragai di Desa Kotabaru pada kawasan kota terpadu mandiri (KTM) seluas tujuh hektar, dengan luas kawasan sekitar 281 hektar, melalui penandatanganan kerjasama di Jakarta pada Senin (16/1).

MoU TTP Geragai

Kerjasama pengembangan TTP di Provinsi Jambi tersebut disepakati oleh Kepala Balitbangtan, Mohammad Syakir dan Bupati Romi Hariyanto dengan meneken nota kesepakatan bersama disaksikan Ketua DPRD Jambi, Muhammad Aris. Kesepakatan ini bertujuan mempercepat pembangunan pertanian melalui pendayagunaan potensi sumber daya terpadu, dan saling menguntungkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat Tanjabtim, antara lain melalui pendampingan dan penerapan teknologi pertanian Litbang Pertanian Kementan.

“Penelitian dan pengembangan komoditas pertanian yang mengacu pada kearifan lokal, diikuti diseminasi hasil penelitian dan pengkajian dari Litbang Pertanian, dan pemetaan sumber daya lahan dan sumber daya genetik sehingga dapat mendukung pengembangan kebun percobaan di TJT,” kata M Syakir.

TTP Geragai

Bupati Romi Hariyanto menambahkan kabupaten yang dipimpinnya terletak di pantai timur Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau, dan merupakan daerah hinterland segitiga pertumbuhan ekonomi Singapura – Batam – Johor atau Sibajo.┬áKabupaten Tanjabtim memiliki potensi pengembangan integrasi kelapa sawit dan sapi dan produk olahannya seperti pakan dari pelepah sawit, bioperin, kompos, mikroorganisme lokal, biogas, teknologi budidaya padi dan komoditas lain di lahan suboptimal.

“TTP Geragai juga dapat mengakomodir teknologi pengembangan beberapa komoditas unggulan di kabupaten seperti pinang dan kelapa, sementara lahan kelapa sawit terluas di kabupaten adalah di Kecamatan Geragai yang luasnya 22.931 hektar dan populasi sapi 11.876 ekor,” imbuh Bupati Romi Hariyanto. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org