Gunakan Bahasa Jawa dan Pakaian Adat Lengkap Warnai Upacara Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-212

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar upacara hari jadi ke-212 Kabupaten Klaten di Alun-alun setempat, Kamis (28/7/2016). Menariknya, upacara digelar dengan menggunakan bahasa Jawa dan menggunakan pakaian adat Jawa lengkap, untuk laki-laki pakai beskap krowok dan keris, sedangkan perempuan pakai kebaya dan kain jarit.

HUT Kabupaten Klaten Ke-212

(Sumber: TribunJogja)

Upacara hari jadi tersebut diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari unsur SKPD, intansi, dan pelajar di Kabupaten Klaten. Selain digelar di Alun-alun Klaten, kegiatan serupa juga digelar di tingkat kecamatan. Kegiatan juga dilanjutkan dengan dengan ziarah ke makam Kyai Mlati yang merupakan cikal bakal berdirinya Klaten, serta ziarah ke makam tiga mantan Bupati Klaten, Pratikto, Sumanto, dan Haryanto.

Bupati Klaten, Sri Hartini dalam sambutannya pada upacara hari jadi Klaten menyampaikan agar masyarakat Klaten secara langsung dan bersama-sama dengan pemerintah mewujudkan Klaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing. Hal ini dalam mewujudkan tujuan tersebut sangat dibutuhkan peran serta masyarakat untuk maju bersama.

“Melalui peringatan hari jadi Klaten ke-212 ini diharapkan semua pihak dapat guyub rukun, manunggal dan berkarya untuk Kabupaten Klaten. Saya mohon doa restu warga Klaten agar dalam lima tahun kedepan dapat menjalankan tugas dengan baik mewujudkan masyarakat Klaten yang sejahtera,” paparnya. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org